149 Mobil Dinas Pejabat Akan Dihapus

Majalengka,(Sinarmedia).-
Demi menghemat anggaran pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Majalengka berencana akan menghapus mobil dinas bagi para pejabat, sebagai gantinya pemerintah akan menaikan tunjangan transportasi sebesar tiga kali lipat.
Kepala Bagian Sarana Setda Majalengka Abdul Ajid saat ditemui Sinarmedia membenarkan soal rencana penghapusan kendaraan dinas jabatan, dimana nantinya seluruh kendaraan jabatan yang ada di Majalengka baik roda empat maupun roda dua milik PNS yang memiliki jabatan struktural tidak akan lagi digunakan alias di hapus. Namun setiap PNS yang menggunakan kendaraan dinas akan diganti dengan uang transportasi.
“Betul, rencananya mobil dinas jabatan akan dihapuskan dan saat ini sudah dalam proses, mudah-mudahan pada semester pertama sekarang sudah selesai dilaksanakan,” kata pria yang akrab dengan sapaan Abah ini.
Menurut Abah, alasan penghapusan kendaraan operasional pejabat ini tak lain adalah untuk menghemat anggaran pemeliharaan dan pembelian mobil dinas yang jumlahnya lumayan besar. Dimana setiap tahun pemerintah mengalokasikan dana untuk biaya pemeliharaannya saja mencapai Rp.2-3 milyar itu belum termasuk anggaran untuk pembelian mobil dinas. Selain itu usia kendaraan mobil dinas umumnya tidak bertahan lama karena apabila sudah 5 tahun keatas kondisi kendaraan sudah tidak optimal lagi sehingga biaya perawatan semakin membengkak sehingga tak jarang pemerintah membeli mobil dinas baru.
“Tentunya apabila kendaraan operasional jabatan dinas sudah dihapuskan nantinya otomatis pemerintah sudah tidak mengalokasikan lagi anggaran untuk pemeliharaan dan pembelian mobil dinas, karena sudah diganti dengan tunjangan operasional bagi para PNS yang memegang kendaraan dinas,” paparnya.
Adapun untuk besaran tunjangan transportasi sebagai kompensasi penghapusan kendaraan dinas ini bervariatif diantaranya: eselon II b sebesar Rp. 4 juta per bulannya, eselon III b sebesar Rp. 3 juta per bulannya, dan eselon IVa sebesar Rp. 1 juta per bulannya.
Berdasarkan data yang diperoleh dari Bagian Sarana Setda Majalengka, tercatat ada sebanyak 149 kendaraan roda empat atau mobil yang akan di hapus atau dilelangkan. Namun untuk kendaraan roda dua alias sepeda motor jumlah aset yang akan dihapus masih belum pasti mengingat masih dilakukan pendataan.
Sementara untuk proses pelelangan mobil dinas sendiri akan diutamakan bagi pejabat pemegang kendaraan, artinya kendaraan dinas yang dihapus tidak akan dilelang untuk umum melainkan diprioritaskan bagi pegawai pemegang kendaraan saja. Namun untuk besaran berapa harga untuk setiap unit kendaraan Abah belum bisa memberikan keterangan.
Abah menambahkan, untuk besaran harganya sendiri pihaknya masih belum tahu mengingat proses penentuan harga nanti akan melibatkan tim appraisal, dan saat ini tim appraisal sendiri tengah bekerja melakukan pendataan untuk menentukan besaran harga kendaraan.
“Nantinya untuk besaran harga unit mobil ini ditetapkan oleh tim appraisal, adapun untuk harga sendiri pasti berbeda untuk setiap kendaraanya karena penentuan harga tersebut berdasarkan tahun pembuatan dan kondisi kendaraan sendiri,” pungkasnya.(S.02).

660 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/149-mobil-dinas-pejabat-akan-dihapus/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *