4616 Kendaraan Ditilang Selama Operasi Zebra

Majalengka,(Sinarmedia).-

Tingkat kesadaran masyarakat Kab.Majalengka akan tertib lalulintas (Lalin) masih kurang,hal ini terlihat dari pelanggaran selama operasi Zebra Lodaya 2015 yang digelar jajaran Polres Majalengka selama dua pekan lalu masih cukup tinggi.Selama operasi Zebra digelar Polres Majalengka “menilang” 4616 pengemudi roda dua dan roda empat.

Menurut Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid,S.Ik melalui Kasat Lantas AKP Rezkhy Satya Dewanto didampingi Kanit Laka Polres Majalengka, Iptu H. Suhendi dan Kanit Dikyasa Iptu H. Yuyun Rusdiyanto,pelanggaran didominasi oleh pengguna roda dua yang tidak memakai helm SNI mencapai 2 ribu pelanggar dan lainya karena tidak melengkapi surat-surat seperti SIM dan STNK.

Sedangkan untuk roda empat pelanggaranya adalah tidak menggunakan sabuk pengaman dan kendaraan angkutan yang melebihi tonase.

” Pelanggar kebanyakan dilakukan oleh pegawai swasta dengan usia 21-25 tahun,mencapai 1429 orang,disusul pelajar usia 16-20 tahun sebanyak 1245 orang.Sementara pelanggaran tidak memiliki SIM C ( roda dua) 472 orang dan roda empat (SIM A) sebanyak 110 pelanggaran ” paparnya saat konferensi pers diruang Humas Mapolres Majalengka,Kamis (05/11) sore.

Selama berlangsung operasi,selain dilaksanakan penegakan hukum atau represif dengan persentasi 80% dilakukan juga upaya pendekatan pre-emtif dan preventif.

” Tindak tilang sebanyak 4616 orang pelanggar dan teguran terhadap 3702 pengemudi,”ujarnya.

Kecelakaan lalu lintas selama operasi Zebra Lodaya satu orang tewas dan dua orang luka ringan dengan kerugian materil mencapai Rp 18 juta.Dijelaskan pula tingkat pelanggaran tahun ini mengalami peningkatan mencapai 190 % dibanding operasi tahun sebelumnya.

Tujuan dari operasi zebra ini guna menciptakan kondusifitas jelang Pilkada serentak,natal dan tahun baru sekaligus sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas.

” Umumnya para pelanggar yang berhasil kami amankan tidak jauh dari rumahnya,perlu diingat penegakan hukum tertib lalulintas ini demi keselamatan pengendara sendiri.kami juga menghimbau kepada orangtua yang anaknya belum cukup umur agar tidak membelikan kendaraan bermotor bagi anaknya, ” tandasnya.(Indra)

2,158 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/4616-kendaraan-ditilang-selama-operasi-zebra/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *