Antisipasi Kemacetan Menuju Bandara Sejumlah Ruas Jalan Diperlebar

Majalengka,(Sinarmedia).-

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat adanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang direncanakan mulai beroperasi pada awal 2018, pemerintah kabupaten Majalengka melalui Dinas Bina Marga dan Cipta karya (BMCK) tengah mempersiapkan pembangunan pelebaran jalan dan pengoptimalan jalur alternatif menuju bandara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas BMCK Dedi Rahmadi melalui kepala bidang (Kabid) Bina marganya, Ruchyana. Menurutnya pelebaran jalan ini sangat penting dilaksanakan karena kedepan Majalengka akan menjadi kawasan metropolitan dengan hadirnya BIJB, sehingga perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana pendukungnya agar berbagai permasalahan yang akan timbul  dimasa mendatang bisa ditangani sejak dini.

“Kemungkinan besar kemacetan akan terjadi dimana-mana bila jalan masih kecil, jalan yang dilebarkan tersebut merupakan jalur alternatif menuju bandara, agar pengguna kendaraan tidak seluruhnya mengambil jalan Kertajati-Kadipaten,” katanya.

DSCN3045 (Small)
Kabid Bina Marga Dinas BMCK Ruchyana menunjukkan peta jalur alternatif bandara.

Untuk anggarannya sendiri pemerintah akan menggelontorkan dana sekisar Rp.100 milyar yang bersumber dari APBN dan APBD II dan diantaranya sudah mulai dikerjakan. “Saat ini masih dalam tahap pembangunan dan ditargetkan pada 2017 sejumlah jalur alternatif menuju bandara akan selesai,“ tambahnya.

Penataan jalan ini selain untuk mendukung akses menuju bandara di Kertajati juga mempermudah akses menuju tol Cipali. Untuk pelelebaran  jalan direncanakan sama dengan lebar Jalan Tonjong yang mencapai 10 meter. Pelebaran jalan itu dilaksanakan mulai dari Bundaran Baribis hingga Jatiwangi – Lanud Sugiri Sukani (Beusi) – Beber hingga Jatitujuh tembus ruas jalan provinsi Kadipaten – Indramayu. Pelebaran hanya dilakukan pada badan jalan dan pembuatan bahu jalan yang mencapai 6 meter kekanan dan kiri jalan.

Pelebaran jalan direncanakan hingga 5 meter dari lebar sebelumnya. Untuk tahun lalu jalan yang diperlebar mencapai 900 meter, di mulai dari Jembatan Cikoronjo Blok Wanahayu, Kecamatan Cigasong kearah Tonjong atau tepatnya hingga SMK Korpri.

“Nantinya jalan ini akan menjadi akses penting menuju bandara dari wilayah Selatan dan tengah Kabupaten Majalengka, tidak hanya terfokus dalam pembangunan pelebaran jalan alternatif menuju bandara kami juga melakukan pembangunan dan perbaikan sejumlah jalan lainnya yang dibutuhkan warga  dengan skala prioritas mengingat keterbatasan anggaran,”paparnya. (S.04)

650 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/antisipasi-kemacetan-menuju-bandara-sejumlah-ruas-jalan-diperlebar/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *