BUMDES Harus Bisa Gerakan Ekonomi Desa

Majalengka,(Sinarmedia).-
Wakil ketua DPRD H. Ali Surahman  menegaskan, peranan  Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)  selama ini masih perlu ditingkatkan dalam rangka menggerakan ekonomi  masyarakat desa. Di Kabupaten Majalengka keberadaan BUMDES masih perlu ditata kembali regulasinya agar mampu bersaing dengan lembaga usaha lainnya.
Bumdes harus menjadi partner pemerintah dan juga partner dunia usaha yang ada di sekitar desa. Di beberapa kabupaten lain Bumdes sudah banyak yang bekerja sama dengan perusahaan swasta dalam memenuhi produksi perusahaan hingga kedua belah pihak diuntungkan.
Seperti di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah misalnya, Bumdes di wilayah ini sudah banyak yang bekerja sama dengan perusahaan swasta seperti dengan perusahaan minuman Cocopandan dimana produksinya sudah diekspor ke Jepang.
Apa yang dilakukan oleh BUMDES di Kabupaten Kebumen sebenarnya bisa dilakukan oleh BUMDES yang ada di Kabupaten Majalengka dengan bekerjasama dengan pabrik-pabrik garmen yang sekarang sudah banyak berdiri di Kabupaten Majalengka. Menurut Ali, pabrik Garmen bisa bermitra dengan dengan BUMDES dengan menjadikannya sebagai agen atau memberi order dan hasilnya bisa  dijual lagi kepada perusahaan.
Keberadaan BUMDES di Kabupaten Kebumen menurut ketua komisi I DPRD Eddy Anas Djunaedy yang melakukan kunjungan kerja ke kabupaten tersebut belum lama ini memang patut ditiru. Banyak Bumdes di Kabupaten Kebumen yang maju dengan bermitra dengan perusahaan swasta.
BUMDES, kata H. Eddy Anas, adalah salah satu sarana untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat  dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat, mengembangkan kerjasama usaha antar desa, menciptakan  peluang dan jaringan pasar, membuka lapangan kerja, perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Dengan adanya Bumdes juga diharapkan dapat mengembangkan potensi desa untuk mendukung desa inovatif menuju desa Maju, mandiri dan sejahtera.(Adv).

462 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/bumdes-harus-bisa-gerakan-ekonomi-desa/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *