Desa Pasir Malati Dambakan MCK Plus-Plus

Majalengka,(Sinarmedia).-
Apabila diperkotaan ada panti pijat atau karaoke plus-plus maka di perdesaan ada MCK Plus-plus. Seperti di desa Pasirmalati misalnya kini terdapat sejumlah  tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) Plus-Plus bantuan dari dinas BMCK Kabupaten Majalengka.Entah apa alasanya disebut MCK plus-plus tapi yang jelas  keberadaan MCK tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.
Bagi masyarakat di perdesaan adanya MCK umum sangat besar manfaatnya karena tidak semua rumah di pedesaan memiliki fasilitas MCK. Ketiadaan MCK ini menyebabkan sebagian warga membuang hajat di sembarang tempat hingga bisa menimbulkan berbagai bibit penyakit.
Sejumlah warga desa Pasir Melati Kecamatan Kertajati menyambut baik bantuan pembangunan MCK plus-plus  bantuan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) kabupaten Majalengka pada tahun anggaran 2014 lalu. Menurut warga dengan adanya bantuan MCK tersebut kini kebiasaan buruk masyarakat yang membuang hajat dikebun atau di sawah sudah mulai ditinggalkan.
“Banyaknya masyarakat yang buang air besar dikebun dan di sawah ini sangat mengganggu masyarakat lainya dan bisa menimbulkan berbagai penyakit.Namun kini dengan adanya bantuan MCK plus-plus yang dibangun ditempat-tempat umum dari dinas BMCK pada tahun 2014 lalu masyarakat pun kini telah mengubah kebiasaan lamanya,” kata Nana saat ditemui Sinarmedia.
Masyarakat desa Pasir Malati berharap pada tahun 2015 dinas BMCK kabupaten Majalengka dapat menambah jumlah bantuan MCK kembali kedesanya guna melengkapi sarana dan prasarana lainya yang  belum lengkap.
“Saat ini jumlah MCK plus-plus ini masih cukup terbatas diharapkan pada tahun ini dinas BMCK bisa menambah jumlah MCK di desa kami,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas BMCK Kabupaten Majalengka, Dedi Rahmadi melalui Kabid Rumkim, Kusman saat ditemui mengatakan, pembangunan MCK plus-plus ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh dinasnya. Berbagai program yang dilaksanakan pada bidang Rumkim BMCK pada tahun 2014 salah satunya pembangunan MCK plus-plus di desa Pasir Malati sudah selesai dan manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat.
“Pembanguan MCK Plus-plus manfaatnya sangat dirasakan sekali bagi masyarakat desa yang termasuk katagori desa tertinggal, sebab dengan adanya bantuan MCK Plus ini bagi warga desa Pasir Malati yang umumnya tidak mempunyai WC  dirumahnya tidak lagi buang hajat di sembarang ditempat ,seperti di kebun atau di sawah ,sekarang bisa ditampung di MCK plus,” paparnya.
Selain pembangunan MCK plus Kusman mengatakan, dinas BMCK juga telah membangun pembangunan Rumah tidak layak huni (Rutilahu), jalan lingkungan desa, kegiatan P2KP atau PNPM perkotaan dan lainya.(S.05).

2,117 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/desa-pasir-malati-dambakan-mck-plus-plus/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *