Desa Salawana Bangun Tempat Pembuangan Sampah

Dawuan,(Sinarmedia).-

Untuk mengatasi persoalan sampah dan menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan, pemerintah desa Salawana Kecamatan Dawuan berencana pada tahun 2016 ini akan membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang bersumber dari bantuan dana desa.

Kepala Desa Salawana, Iwan Nirwana mengatakan, persoalan penumpukan sampah di desa Salawana selama ini disebabkan tidak adanya tempat pembuangan sampah sementara sehingga sampah-sampah dari rumah warga ini menumpuk berserakan diberbagai tempat tidak beraturan akibatnya desa akan terlihat kumuh karena tidak adanya TPA ini.

“Insya Allah pada tahun ini akan dibangun TPA yang berlokasi di blok Kempek, nantinya tanah bengkok yang berada di blok kempek ini akan disulap menjadi TPA. Dan lokasinya pun sangat cocok karena daerahnya kebetulan jauh dari permukiman penduduk,” ujar Iwan kepada Sinarmedia.

Menurut Iwan, selama ini desa Salawana tidak mempunyai TPA sementara yang repsentatif, sehingga perilaku masyarakat dalam hal membuang sampah tentunya tidak termenej dengan baik, ada yang dibakar di depan rumah ada juga yang dibuang di sembarangan tempat.

“Sebenarnya di desa Salawana ada TPA hanya saja lokasinya dekat dengan sekolah dasar, sehingga baunya sangat menganggu kepada anak-anak yang tengah belajar, dan dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan anak-anak juga. Untuk itu pemerintah desa dan BPD serta tokoh masyarakat telah sepakat untuk membangun TPA di blok kempek,” paparnya.

Iwan menambahkan, saat ini di desanya sudah berjalan program menegement sampah yang digagas oleh karang taruna dimana untuk memudahkan pembuangan sampah agar teroganisir dari setiap rumah, para remaja yang tergabung dikarang taruna ini setiap hari mengambil sampah dari rumah-rumah warga. Dan setiap minggunya, masyarakat diwajibkan untuk membayar iuran sampah sebesar Rp 3 ribu.

“Dana sebesar 3 ribu rupiah itu nantinya digunakan untuk biaya operasional kendaraan dan petugas pemungut sampah,” kata Iwan.

Sementara itu warga sangat menyambut baik dengan program yang telah digagas dan dilaksanakan oleh pemerintah desa Salawana khususnya dalam hal mengatasi persoalan sampah di masyarakat. Karena sebelum ada perhatian dari pihak pemerintah desa terkait sampah warga membuang sampah  sembarangan, ada juga yang membuang ke kebun, ada juga yang dibakar di depan rumah, serta membuang di pinggir jalan sehingga menimbulkan bau tak sedap.

“Alhamdulilah dengan adanya program peduli sampah yang digagas pemerintah desa Salawana, sekarang lingkungan desa menjadi bersih dan kesadaran masyarakat akan membuang sampah pun menjadi tertib karena ada penampunganya. Mudah-mudahan kedepanya desa ini menjadi desa sehat,” kata H. Uuk Sukria yang merupakan tokoh desa Salawana (S.05).

290 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/desa-salawana-bangun-tempat-pembuangan-sampah/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *