Desa Sukamulya Terus Membangun

Kertajati,(Sinarmedia).-
Walaupun masih terus dibayang-bayangi bakal adanya penggusuran terhadap  Desa Sukamulya Kec. Kertajati yang termasuk areal pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), namun tak menyurutkan semangat warganya untuk terus membangun desanya.
Berkat semangat gotong royong warga Desa Sukamulya yang masih terjaga dengan baik ditunjang oleh kepimpinan kepala desa Nono Darsono yang sangat merakyat, kini Desa Sukamulya menjelma menjadi desa maju dengan pembangunan yang sangat pesat. Bantuan keuangan yang dikucurkan kepada desa ini telah dimanfaatkan dengan baik untuk membangun desa dan hasilnya melebihi anggaran yang diberikan pemerintah.
Desa Sukamulya merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati. Sejak dipimpin Nono Darsono atau akrab dipanggil Kuwu Bona ini, desa yang selama ini dibayang-bayangi penggusuran karena pembangunan BIJB, kini menjelma menjadi desa yang maju pesat dan memiliki masyarakat yang kompak dan bersatu.
Pria yang akrab disapa Bona ini berhasil mempersatukan dan mengayomi masyarakat Desa Sukamulya untuk bersama-sama memperjuangkan hak-haknya sebagai rakyat yang layak mendapat perlakuan yang adil dan bijaksana dari pemerintah.
Rasa senasib dan sepenanggungan yang dirasakan oleh warga desa Sukamulya berdampak positif pada proses percepatan pembangunan dengan tumbuhnya rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang lebih erat. Seperti halnya dalam pembangunan infrastruktur desa, warga tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja bahkan warga tak jarang secara sukarela secara swadaya membantu membangun sejumlah sarana infrastruktur desa.
Tak heran apabila Desa Sukamulya kini mengalami kemajuan yang cukup signifikan dari sisi pembangunan infrastruktur dan banyak dirasakan oleh masyarakat. Dari segi pembangunan struktural dalam pemerintahan desa juga pun nampak lebih harmonis dan kompak. Dalam melayani kebutuhan masyarakatnya, Kades yang satu ini tanpa ada batasan waktu selama 24 jam non stop, dan tentu saja tanpa pandang bulu siapapun diperlakukan sama dalam pelayanan.
Bona menuturkan, keberhasilan mewujudkan pembangunan tidak lepas berkat semangat kebersamaan dari seluruh perangkat desa, lembaga desa BPD, LPM, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat Desa Sukamulya.
“Sebab maju mundurnya pembanguan di desa bukan hanya menjadi tugas seorang kepala desa, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat,” katanya.
Lebih lanjut menurut Bona, untuk anggaran bantuan Dana Alokasi Desa (DAD) tahun 2015 ini sesuai hasil musyawarah dengan masyarakat, BPD, LPM sepakat dialokasikan untuk pembanguan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Blok dusun Sukaresmi. Selain di Dusun Sukaresmi Tembok Penahan Tanah (TPT) dialokasikan dibeberapa blok Desa Sukamulya diantara blok Minggu dan blok Jumat, serta memasang paving blok, TPT di alun-alun desa.
“Dengan pembangunan TPT dibeberapa blok diharapkan dapat menunjang akses jalan lingkungan, sekaligus dapat mempercepat proses pembangunan didesa kami, sehingga pembangunan fisik dilaksanakan oleh masyarakat dan hasilnya nanti juga  bisa dirasaakan oleh masyarakat sendiri,” paparnya.
Sementara itu tokoh masyarakat Desa Sukamulya Abah Heri Kawilangka sangat mengapresiasi segala pembangunan yang dilaksanakan oleh kepala desa bersama masyarakat  Sukamulya yang setiap tahunnya terus berkembang pesat. Sejumlah pembangunan infrastruktur kini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Sukamulya.
“Untuk itu kami selaku tokoh masyarakat siap mengawal dan melaksanakan pembangunan untuk terus mendukung Kepala Desa Bona selama menjadi kepala desa. Pasalnya, pembangunan di desa ini selama kepemimpinannya maju pesat,” ungkapnya.(S.05).

713 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/desa-sukamulya-terus-membangun/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *