Ekonomi Sulit, Jumlah Janda Meningkat

Majalengka,(Sinarmedia).-

Jumlah janda di Kabupaten Majalengka dipastikan bertambah, hal itu dikarenakan angka perceraian di kota angin itu setiap tahunnya terus menunjukan tren meningkat. Pada tahun 2016 lalu jumlah wanita yang berpredikat  janda baru di Kabupaten Majalengka mencapai angka 4.500 orang. Salah satu faktor utama penyebab perceraian di Majalengka adalah dikarenakan faktor ekonomi.

Berdasarkan data yang diperoleh dari kantor Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Majalengka jumlah kasus penceraian yang diputus PA selama tahun 2016 lalu mencapai 4.535 kasus dari 4.585 kasus yang masuk.

“Selama tahun 2016 lalu tercatat ada 4.535 perkara yang diputus, sementara 50 perkara akan diputus pada tahun 2017,” kata Panitera Muda PA Majalengka Husnan.

Menurut Husnan, jumlah kasus perceraian di Kabupaten Majalengka trennya memang terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan setiap harinya tercatat ada 5 kasus perkara cerai talak maupun gugatan cerai yang didaftarkan di kantor PA Majalengka.

Ada  sembilan faktor penyebab terjadinya perceraian di kabupaten Majalengka diantaranya adalah:  Pertama, karena faktor  Ekonomi; Kedua, cemburu; Ketiga, kawin paksa; Keempat, krisis akhlak; Kelima, kekerasan jasmani (Fisik); Keenam, hukum pidana; Ketujuh, cacat biologis; Kedelapan, adanya gangguan pihak ketiga; dan Kesembilan, tidak ada keharmonisan antar pasangan.

Namun dari sembilan faktor penyebab terjadinya perceraian tersebut faktor ekonomi menjadi alasan kebanyakan pasangan suami istri untuk berpisah, baru setelah itu dikarenakan nikah muda atau pernikahan belum dewasa.

“Selain kesembilan itu faktor utama perceraian lainnya adalah diakibatkan pasangan suami istri ini kurang dewasa dalam menjalankan rumah tangga sehingga ketika ada perselisihan dan beda pendapat akibat kurang dewasa menyebabkan terjadinya masalah,” tambahnya.

Untuk menghindari adanya pungli dan penipuan dengan modus akta cerai palsu, Husnan meminta masyarakat untuk berhati-hati dan datang sendiri ke kantor Pengadilan Agama (PA) yang baru beralamat di dekat Kantor Kecamatan Panyingkiran  Majalengka.(S.05)

111,496 kali dilihat, 303 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/ekonomi-sulit-jumlah-janda-meningkat/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *