Enam Pejabat Ikut Open Bidding

Majalengka,(Sinarmedia).-
Enam pejabat eselon II masing-masing  Asisten Daerah (Asda) I, Aeron Randi, Asda III, H. Sanwasi, Staf Ahli Bupati, H. Toto Sumianto, Kepala Dinsosnakertrans  H. Yayan Soemantri, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), H. Ahmad Sodikin dan Kepala PSDAPE, Agus Tamim tengah mengikuti “open bidding” (Seleksi terbuka ) calon Sekda yang kini masih diduduki H. Ade Rahmat Ali.
Kepala BKD Majalengka, H. Ahmad Sodikin saat ditemui mengungkapkan, saat ini proses tahapan open bidding masih berlangsung, sementara pengumuman penilaiannya akan dikeluarkan oleh pihak panitia seleksi (Pansel ) pada tanggal 30 November mendatang.
“Saat ini proses open bidding Sekda masih berlangsung dan hasilnya baru diumumkan pada tanggal 30 November. Yang jelas jabatan Sekda Majalengka masih tetap Pak Ade Rahmat Ali sebelum ada pengganti dan itu merupakan kewenangan dan kebijakan bupati,” kata Diki didampingi Kepala Bidang Kepangkatan dan Kepegawaian yang juga sekretaris Pansel Roni Setiawan saat ditemui di kantornya.
Menurut Diki, keenam calon memiliki kesempatan yang sama untuk bisa lolos dalam open bidding ini. Dalam proses open bidding sendiri Diki menjamin akan berlangsung transparan, jujur dan adil mengingat panitia pelaksana open bidding ini berasal dari Menpan langsung dengan melibatkan tim dari Universitas Indonesia dan Mantan Sekda Majalengka.
Adapun tahapan proses open bidding ini meliputi: pembuatan makalah, dimana setiap calon sekda harus membuat karya tulis seputar fungsi dan peranan sekda, setelah itu masing-masing calon sekda ini harus bisa memaparkan dan menguji isi makalah tersebut. dan yang terakhir calon sekda harus mampu memaparkan program visi dan misinya.
“Dasar penilaian tim seleksi ini penggabungan dari hasil seluruh rangkaian tahapan tersebut, kemudian dari hasil seleksi tersebut nantinya tim seleksi akan memilih tiga nama calon sekda yang dianggap memiliki nilai tertinggi,” katanya.
Lebih lanjut kata Diki, nantinya dari ketiga nama calon Sekda yang memiliki nilai tertinggi tersebut diserahkan kepada Bupati untuk menentukan siapa calon yang layak untuk mengemban tugas sebagai Sekda. Namun dalam penentuan Sekda, Bupati  tidak harus memilih calon yang memiliki nilai tertinggi, yang terpenting dari ketiga nama calon merupakan hak prerogatif Bupati.
“Penentuan sekda nantinya sudah menjadi ranah dari pimpinan karena itu sudah menjadi hak prerogatifnya, asalkan tidak melenceng dari tiga nama hasil rekomendasi dari tim seleksi Menpan,” tegasnya.

Diki Calon Kuat
Walaupun ketiga nama calon hasil seleksi belum diumumkan, namun berdasarkan informasi yang diperoleh Sinarmedia  menyebutkan, nama Diki masuk dalam kandidat terkuat calon sekda Majalengka menggantikan Ade Rachmat Ali. Pasalnya dari keenam calon Sekda yang mengikuti open bidding ini pria asal Jatiwangi ini yang mendapat restu dari bupati Majalengka, bahkan keikut sertaan Diki mengikuti tes seleksi calon Sekda ini atas dorongan dan perintah  dari orang nomor satu di Majalengka.
Awalnya Diki secara terang-terangan mengungkapkan tidak akan ikut mendaftar dalam open bidding calon Sekda Majalengka, apalagi Diki kabarnya tidak mendapat restu dari isteri dan anaknya. Namun belakangan justru Diki akhirnya ikut serta meramaikan proses seleksi calon Sekda Majalengka.
Menanggapi hal tersebut Diki langsung membantahnya, keikut sertaanya dalam proses open bidding ini sudah melalui restu dari keluarga. Menduduki jabatan Sekda menurut Diki merupakan cita-cita bagi seluruh PNS karena merupakan jabatan karir tertinggi bagi PNS.
“Tentunya saya sebagai PNS yang memulai dan merintis karir dari bawah mempunyai cita-cita menjadi Sekda, yang jelas saya minta doanya saja dari teman-teman berikan yang terbaik bagi saya apakah jabatan Sekda ini pantas dan membawa manfaat tapi apabila  sebaliknya saya memilih untuk tidak jadi,” tutupnya. (S.02).

834 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/enam-pejabat-ikut-open-bidding/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *