Habiskan Anggaran 400 Juta, Gedung Apotek Silih Asih Belum Difungsikan

Majalengka,(Sinarmedia).-

Pembangunan yang dilakukan pemerintah kabupaten Majalengka kembali disorot berbagai kalangan lantaran pembangunan tersebut selain kualitasnya rendah dan dianggap tidak tepat sasaran sehingga terkesan  membuang-buang biaya, salah satunya adalah pembangunan gedung apotek silih asih yang terletak di Jalan Kesehatan.

Walaupun pembangunan gedung di bekas kantor BP3K tersebut sudah rampung sejak tahun 2015 lalu, namun sampai saat ini bangunan tersebut belum digunakan sesuai fungsinya. Akibatnya, bangunan gedung yang kabarnya menghabiskan anggaran mencapai Rp. 400 juta itu kondisi bangunannya kini sudah rusak lagi.

“Kami sangat menyayangkan sekali pembangunan gedung baru yang telah menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah sesudah jadi malah sama sekali tidak di fungsikan. Katanya sih untuk kantor Apotek Silih-Asih,” ujar Yayat (35) warga yang tinggal disekitar bangunan gedung apotek silih asih saat ditemui Sinarmedia.

Yayat menambahkan, bangunan tersebut sejak selesai dibangun pada pertengahan tahun 2015 lalu sampai saat ini belum difungsikan sebagaimana mestinya, akibat tidak digunakan kini kondisi di beberapa bagian bangunan sudah rusak lagi.

“Apabila kondisi bangunan terus dibiarkan tanpa dihuni atau digunakan bukan tidak mungkin bangunan akan cepat rusak dalam beberapa bulan kedepan,” tambahnya.

Pembangunan yang mubadzir ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Pemkab Majalengka, hal ini seolah Pemkab tidak memiliki perencanaan yang matang dalam pengalokasian anggaran dan terkesan hanya berorientasi kepada proyek semata tanpa memperhatikan skala prioritas, dan tentu saja pembangunan tanpa perencanaan yang matang terkesan asal jadi saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Majalengka Dedi Rahmadi melalui Kabid Tata Ruang dan Bangunan, Yaya Sujana membenarkan bahwa pembangunan gedung untuk apotek Silih Asih yang dibangun di lahan bekas kantor UPTD BP3K Majalengka dilaksanakan pada tahun 2015.

Anggaran pembangunan gedung apotek bersumber dari APBD Kabupaten Majalengka menghabiskan anggaran mencapai Rp.400 juta lebih, sedangkan pelaksanan pembangunan itu dilaksanakan oleh pihak rekanan. Menurut Yaya, terkait gedung yang sampai hari ini belum di fungsikan itu bukan merupakan wewenangnya. Yaya mengarahkan Sinarmedia untuk mengkonfirmasikan hal itu kepada pihak Dinas Kesehatan Majalengka.

“Tugas kami hanya sekedar membangun gedung apotek Silih Asih, adapun kapan bengunan tersebut difungsikan itu merupakan kewenangan Dinas Kesehatan,” katanya singkat.

Sayang ketika akan  dikonfirmasi Sinarmedia, kepala Dinas Kesehatan Majalengka tidak berhasil ditemui. Menurut salah seorang stafnya Kadis Kesehatan H. Gandana Purwana sedang tidak ada di tempat karena  ada  acara diluar.(S.05).

381 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/habiskan-anggaran-400-juta-gedung-apotek-silih-asih-belum-difungsikan/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *