Hati-Hati Penipuan CPNS, Yayan : “ PNS yang Terbukti Jadi Calo CPNS Bisa Dipecat”

Majalengka,(Sinarmedia).-

Berkaitan dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kabupaten Majalengka, H. Yayan Sumantri, menghimbau kepada seluruh masyarakat kota angin agar hati-hati jika ada oknum yang menawarkan bantuan bisa meloloskan CPNS dengan meminta sejumlah uang.

Menurut Yayan, apabila ada orang yang memastikan dapat meluluskan CPNS ini walaupun orang tersebut adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus hati-hati dan mewaspadainya karena itu dipastikan bohong dan penipuan. Pasalnya saat ini proses perekrutan CPNS menjadi kewenangan pemerintah pusat yakni Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Saat ini proses seleksi tes CPNS dilakukan secara online, dan untuk panitia dan penanggung jawabnya langsung dari pusat yakni BKN. Sementara PKPSDM Majalengka hanya sebatas mengusulkan formasi dan kebutuhan CPNS saja. Jadi bagaimana mungkin ada yang bisa memastikan bisa meluluskan tes CPNS.” kata Yayan saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

“Sebaiknya bagi masyarakat yang hendak ikut seleksi CPNS adalah mulai dari sekarang agar belajar soal-soal tes CPNS atau ikut kursus, karena nanti dalam mengikuti tes sudah mempersiapkan diri,” tambahnya.

Untuk itu kata Yayan, dirinya meminta masyarakat agar mewaspadai dan tidak tergoda rayuan oknum yang berprofesi sebagai PNS yang bisa menjadikan dan meluluskan CPNS menjadi jalur kilat. Apabila ada oknum yang menjanjikan masyarakat bisa laporkan kepada kami dan pihaknya tidak segan-segan akan menindaknya.

“Jika memang terbukti ada oknum PNS dilingkungan pemerintah kabupaten Majalengka menjadi calo CPNS pihaknya tidak segan-segan akan menindaknya dengan memberhentikanya sebagai PNS, karena sudah jelas ini adalah penipuan,” ungkapnya.

Secara resmi pihaknya belum menerima pengaduan resmi dari masyarakat terkait adanya calo CPNS namun kata Yayan, pihaknya secara lisan telah menerima laporan dari masyarakat terkait kebenaran adanya oknum yang notabene PNS bisa menjanjikan bisa meluluskan calon CPNS dengan mahar uang hingga mencapai ratusan juta rupiah.

“Sebagai BKPSDM saya banyak sekali orang meminta bantuan baik itu kolega dan masyarakat umum, untuk menitipkan anak – anak dan saudaranya agar lulus CPNS. Namun saya sampaikan bahwa kami tidak mempunyai kewenangan dalam hal itu,” paparnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh Sinamedia adanya informasi seleksi CPNS tahun 2018 ini tidak sedikit oknum calo CPNS baik itu dari masyarakat biasa maupun oknum PNS. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang sudah terlanjur mempercanyai oknum tersebut dan telah menyerahkan uang.

Seperti disampaikan Dedi (53) asal warga Kecamatan Sumberjaya ia mengaku sudah dijanjikan oleh seseorang yang bisa memluluskan tes CPNS anaknya yang merupakan lulusan tenaga medis. Bahkan oknum tersebut bekerja disalah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di kabupaten Majalengka, tidak tanggung oknum tersebut meminta uang sebesar Rp. 150 juta sebagai salah satu satu mahar untuk bisa meluluskanya.

Dedi menuturkan bahkan oknum PNS tersebut sudah meminta sejumlah kepada dirinya, namun sayangnya ia tidak menyertakan bukti kwitansi saat penyerahan uang kepada oknum yang belakangan diketahui bernisial E ini.

“Sampai saat ini saya sudah menyerahkan uang sebesar Rp. 25 juta dari nilai keseluruhan sebesar Rp. 150 juta sebagai uang muka. Bahkan saat menyerahkan uang kepada oknum ini saya menyerahkanya di lokasi RSUD tempatnya bekerja. Namun sayangnya saat menyerahkan saya tidak ada bukti kwitansi,” katanya.

Lebih lanjut Dedi menambahkan, sampai saat ini nomer hand phone oknum E ini terkadang sulit dihubungi. Dan apabila oknum ini tidak mengembalikan uang yang telah diserahkan pihaknya akan mengadukanya ke pihak kepolisian. (S.02).

80 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/hati-hati-penipuan-cpns-yayan-pns-yang-terbukti-jadi-calo-cpns-bisa-dipecat/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *