Jelang Bantuan 1 Milyar SDM Pemerintah Desa Harus Ditingkatkan

Lemahsugih,(Sinarmedia).-
Pemerintah Kecamatan Lemahsugih tengah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi aparatur pemerintahan desa di wilayahnya dalam rangka menyongsong penerimaan bantuan dana desa sebesar Rp.1 milyar perdesa yang direncanakan akan digulirkan pada tahun anggaran 2015 mendatang yang bersumber dari pemerintah pusat.
Menurut Camat Lemahsugih, Deden Supriatna, S.Pd, M.MPd. didampingi sekretaris kecamatan , Jojo Zakaria, S.Sos, saat ini undang-undang (UU) yang mengatur tata cara penggunaan bantuan dana desa tersebut telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) RI. Untuk itu pihaknya tengah mempersiapkan SDM yang ada di desa agar dapat menggunakan anggaran sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.
Menurut Jojo, pihak Kecamatan telah melakukan sosialisasi UU Desa dan direncanakan pada bulan depan akan membahas RKPEDES dan RAPERDES yang ditargetkan selesai pada awal tahun depan. Terkait prosedur masuknya dana hingga saat ini belum ada kepastian apakah masuk ke rekening desa langsung atau ke pemerintah daerah.
“Hingga saat ini kami masih menunggu keputusan pusat, apakah dana bantuan desa tersebut akan masuk ke rekening desa langsung atau pemerintah daerah,begitu pula dengan sistem penggunaanya apakah menggunakan pendamping seperti PNPM atau tidak “ paparnya.
Disebutkannya hingga saat ini belum ada kegiatan pelatihan untuk desa khususnya persiapan dalam bidang akuntansi ataupun bidang pendukung lainnya.
Hal itu belum bisa dilakukan disebabkan terkendala keterbatasan anggaran sehingga hanya melakukan sosialisasi terkait UU Desa yang baru sebagai pedoman menjelang turunnya bantuan dana dari pemerintah pusat.
“Kami sebetulnya berharap adanya pelatihan khusus menjelang turunnya bantuan dana dari pusat mengingat nilainya yang cukup besar yaitu mencapai 1 milyar lebih sehingga diperlukan adanya pelatihan terutama dibidang akuntansi, sebagai upaya meningkatkan SDM desa sehingga penggunaan dananya bisa dipertanggung jawabkan sekaligus untuk meminimalisir kesalahan administratif,” tandasnya.(S.06)

540 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/jelang-bantuan-1-milyar-sdm-pemerintah-desa-harus-ditingkatkan/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *