Kebakaran Hutan Terus Melanda Majalengka. Tragisnya,BPBD tidak memiliki Anggaran

Majalengka ,(Sinarmedia).-
Kebakaran hutan terus menerus melanda di sejumlah daerah di Kabupaten Majalengka.Setelah kebakaran besar yang terjadi di gunung Ciremai bulan lalu . Kebakaran demi kebakaran terjadi di beberapa titik di kabupaten Majalengka, dalam sepekan di awal bulan September ini telah terjadi beberapa kebakaran hutan yang luasnya diperkirakan mencapai puluhan hektar.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) kabupaten Majalengka Agus Permana , membenarkan di wilayah kabupaten Majalengka dalam beberapa bulan terakhir ini telah terjadi beberapa kebakaran lahan namun luas lahan yang terbakar masih dihitung.
Menurut Agus saat dihubungi Sinarmedia Sabtu (14/9)) dalam dua hari terakhir ini secara berturut-turut sudah terjadi kebakaran di lima titik diantaranya di desa Mindi Kec.Leuwi munding,Kec.Cikaracak Kec. Argapura,Desa Tenjolayar kec.Cigasong dan desa Pageraji Kecamatan Maja dan Jumat (13/9) malam terjadi di bukit Margatapa Kelurahan Cicurug Kec. Majalengka.
Penyebab utama kebakaran menurut Agus sebagaian besar diakibatkan faktor kelalaian manusia diantaranya akibat membersihkan kebun dengan dibakar dan membuang puntung rokok sembarangan.
Agus mengakui banyaknya kejadian kebakaran lahan baik kebun maupun hutan di kabupaten Majalengka cukup membuat pihaknya kewalahan . Selain minimnya tenaga yang dimiliki BPBD juga anggaran untuk penanggulangan bencana kebarakan itu tidak ada .
Akibat banyaknya kejadian kebarakan tersebut sejumlah pegawai BPBD dan relawan banyak yang kelelahan bahkan jatuh sakit karena harus bekerja ektra dari siang hingga dini hari untuk memadamkan api.
Kepala BPBD Agus Permana menghimbau masyarakat untuk menjaga wilayahnya dari kebakaran dengan tidak membiasakan membakar kebun atau hutan untuk membersihkan lahan.Selain itu karena saat ini lahan sangat mudah terbakar dihimbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.(S.01).

111 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − 1 =