Kejari Majalengka Berikan Pendampingan Hukum Kepada Perusahaan Negara

Majalengka,(Sinarmedia).-
Dalam upaya memberikan pelayanan hukum kepada perusahaan negara, Kejaksaan Negeri (Kejari) Majalengka melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah perusahaan milik pemerintah. Penanda tanganan kerjasama untuk membantu dalam urusan hukum perdata dan tata negara itu juga dilakukan dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) belum lama ini.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Majalengka, M. Iwa Suwia Pribawa didampingi Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Iyus Hendayana menyatakan, Kejari Majalengka siap membantu badan usaha milik pemerintah ketika terjadi permasalahan hukum.
“Tentunya, penyelesaiannya juga harus sesuai ketentuan yang berlaku jika upaya persuasi tidak membuahkan hasil Kejari siap membantu penyelesaian lewat jalur hukum,“ katanya.
Menurut Iyus, pihak Kejari juga akan bertindak sebagai pengacara negara terhadap perusahaan milik pemerintah dengan catatan sudah menjalin kontrak kerjasama dan memberikan surat kuasa khusus (SKK). Sedangkan untuk durasi kesepakatan bersama tersebut berlaku selama dua tahun dan bisa diperpanjang lagi.
Dalam jangka waktu setahun lebih sudah 10  badan usaha milik pemerintah yang menjalin kerjasama dengan kejari Majalengka diantaranya Bulog, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Sang Hiyang Sri (SHS), PD. SMU,PEMDA CUP, PDAM, PLN Cabang Sumedang, PT. PNM Cirebon dan PNM Indramayu.
Dari 10 perusahan milik pemerintah yang telah menjalin kerjasama, Kejari Majalengka berhasil menyelamatkan uang milyaran rupiah dari nasabah macet diantaranya seperti PT. SHS sekitar Rp.828 juta diantaranya berupa barang, BPJS Ketenagakerjaan Rp.498 juta, PNM cabang Cirebon Rp.368 juta dan lainnya.
Sementara itu kepala Cabang PNM Indramayu, Ibrahim Salim, ST mengaku menyambut baik langkah Kejari Majalengka yang dinilai pro aktif bekerjasama dengan PT. PNM khususnya dalam menyelesaikan berbagai persoalan kredit macet  perusahaan.
Menurut Ibrahim, sebelum PT. PNM dipecah menjadi 3 cabang sudah melakukan kerjasama dengan Kejari Majalengka selama 1 tahun lebih dan hasilnya sangat dirasakan pihak PT.PNM  dengan terselamatkannya uang ratusan juta dari beberapa nasabah macet.
Pihak kejaksaan Majalengka pro aktif dalam menyelesaikan berbagai persoalan kredit macet, selain itu juga pihak kejaksaan Majalengka juga sering memberikan masukan untuk permasalahan perdata yang dihadapi perusahaan sehingga menguntungkan perusahaan atas dasar itu setelah dipecahnya PNM menjadi 3 cabang pihaknya perlu menjalin kerjasama dengan Kejari.
“Setelah dipecah menjadi 3 cabang yaitu cabang Cirebon, Indramayu dan Subang maka kewenangan ada di pimpinan cabang masing-masing dan kebetulan saya dipercaya memimpin cabang Indramayu yang membawahi 3 unit di wilayah Majalengka yakni unit Cigasong, Kadipaten dan Jatiwangi. Melihat pengalaman yang sudah terjalin sebelumnya maka kami pun jalin kerjasama dengan kejari Majalengka,“ ungkapnya. (S.04).

873 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/kejari-majalengka-berikan-pendampingan-hukum-kepada-perusahaan-negara/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *