Koordinator Kontras Haris Azhar Dukung Perjuangan Warga Desa Sukamulya

Koordinator  Kontras Untuk Dukung Perjuangan Warga Desa Sukamulya

Kertajati,(Sinarmedia).-

Namanya akhir-akhir ini sempat menjadi perbicangan hangat di tingkat nasional, wajahnya kerap tampil di layar TV.Ia menjadi pusat perhatian masyarakat karena membeberakan  testimoni  gembong narkoba Freddy Budiman. Ia adalah Haris Azhar Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan ( Kontras).

Beberapa waktu lalu Koordinator Kontras  Haris Azhar itu datang ke desa Sukamulya kecamatan Kertajati untuk memberikan dukungan moral kepada warga desa setempat  yang tengah berjuang mempertahankan tanahnya dari gusuran pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB).

Dihadapan warga desa Sukamulya yang memadati kantor balai desa Sukamulya,Haris Azhar  mengaku salut dan mendukung atas perjuangan warga Sukamulya selama ini dalam memperjuangkan haknya atas tanah kelahiranya.Menurutnya  tanah bukan hanya sebidang tanah yang bisa dihargai rupiah tapi tanah  tidak ada harganya kerena mengandung sejarah terhadap si pemilik tanah itu sendiri.

Menurut data yang ia terima mayoritas pekerjaan warga desa Sukamulya adalah petani ,lalu mau  bagimana nasib para petani yang selama ini menggarap tanahnya apabila lahan pertanianya dibeton .Hal inilah semestinya menjadi bahan pemikiran pemerintah karena  tanah itu termasuk hak asasi karena menyangkut hak untuk hidup menjadi lebih baik.

“ Ngomong pekerjaan,kok  meghilangkan pekerjaaan orang lain ,punya lahan luas , subur  mau dibeton, ini semua hak terkait kualitas hidup kita, hak hasasi itu hak untuk menjadi hidup elbih baik,” tegasnya.

Menurutnya pembangunjan bandara banyak yang dikorbankan, bukan hanya orang tapi juga kehidupan.Di  Indonesia  tambah Haris, orang tidak dihitung sebagai manusia, setiap kesusahan warga harusnya menjadi tanggung jawab pemerintah . Maka sudah seharusnya warga di desa ini bukan hanya sibuk melawan pembangunan badara tapi juga harus  meminta pemerintah agar desa ini dibangunkan  jalan, sekolah , fasiltias kesehatan , fisilitas infirormasi diper baiki karena itu tanggung jawab pemerintah.

Banyak hal yang belum dipenuhi oleh pemerintah dalam rangka pembangunan bandara ini ,warga bisa baca  UU pendidikan ,kesehatan ketenagakerjaan  dan lain lain. Masyarakat berhak untuk bertanya  kenapa harus digusur apakah ada jaminan setelah digusur menjadi lebih baik. Kalau memang bisa dipastikan kehidupanya lebih baik , digusur kemanapun  masyarakat harus setuju.

Haris Azhar meminta warga Sukamulya  tidak  melihat  tanah dari nilainya karena tanah pada dasarnya tidak ternilai, tidak cukup diganti dengan uang  karena tanah mempunyai keterkaitan dengan sejarah kehidupan pribadi warga pemilik tanah.

“Anda harus bilang tanah saya tidak ada harganya ,harga tanah saya tidak cukup diganti dengan uang yang ada di kantong anda. Hidup ini punya keterkaitan dengan sejarah tanah dan  masalah sejarah tidak bisa dinilai dengan uang ,tanah ini punya sejarah dengan kehidupan pribadi,” ujar Haris

Ditegaskan Haris, apabila desa ini  digusur maka desa ini bubar , bukan sedikit ceritera korban penggusuran akhirnya menjadi gembel, bukan sedikit warga yang menjadi korban penggusuran jadi  TKW, tidak sedikit warga dapat uang gusuran jadi bingung hingga akhirnya sengsara, sudah cukup bukti bahwa penggusuran itu menghancurkan kehidupan tidak memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Disaat orang kota menyatakan mempunyai cita-cita apabila sudah tua  ingin  balik ke kampung  melihat kebun dan sawah, sekarang  kampungnya malah akan digusur. Ia meminta warga desa Sukamulya tidak mau digusur begitu saja ,kalaupun digusur harus ada syaratnya yakni penggusuran itu akan membuat kehidupan lebih baik ,jangan mau kehidupanya dirusak.

Haris meminta warga untuk bertanya kepada pemerintah  mulai dari Presiden, Gubernur dan Bupati  apakah mimpi membangun bandara ini  apa untung buat warga sekitar ,masyarakat  tidak butuh pesawat .Apabila  bandara diperlukan untuk memenuhi keperluan jutaaan warga Jawa barat dan itu menguntungkan, boleh silahkan,artinya keberadaan bandara itu memberikan keuntungan buat jutaan warga diluar desa ini ,jadi sangat wajar apabila warga desa ini diberikan kompensasi yang setara dengan keuntungan yang diperoleh.

Haris meminta pemerintah untuk tidak merusak kehidupan warga  , solusinya carikan  kampung yang lain yang kualitasnya minimal  sama dengan desa ini, ada sekolahnya ,ada mesjidnya, ada sawahnya yang suburnya sama  agar masyarakat bisa hidup lebih baik.

Sangat wajar masyarakat bertanya akan kemana ,harus bagaimana setelah tanahnya digusur , kalau  masih belum tahu kehidupanya setelah digusur, Haris meminta warga agar jangan mau digusur.Ia meminta warga yang hadir untuk mengajak warga lainya agar jangan mau digusur kalau tidak ada jaminan  kehidupan akan lebih baik  di kemudian hari.

Namun demikian Haris Azhar meminta masyarakat dalam memperjuangkan halk-haknya dengan cara-cara yang baik tidak boleh dengan  cara- cara  tidak baik  karena hasilnya akan tidak baik.Ia juga berharap agar warga desa Sukamulya tetap bersatu dan kompak tidak terpecah-pecah dalam berjuang mempertahankan  tanah kelahiranya.

Sementara itu ketua Front Perjuangan Rakyat Sukamulya ( FPRS) Bambang menyambut baik kedatangan Koordinator Kontras Haris Azhar ke desa Sukamulya. Ia berharap dengan kedatangan salah seroang tokoh nasional itu dapat memberikan pencerahan sekaligus semangat kepada warga desa Sukamulnya dalam memperjuangkan hak-haknya.

Ia juga berharap kepada Kontras untuk mengawal perjuangan warga desa Sukamulya agar tidak ada lagi intimidasi terhadap warga yang berjuang mempertahankan tanahnya  dan tidak ada lagi korban kekerasan seperti yang terjadi pada tahun 2014 lalu.

Kontras sepakat dengan warga untuk membuat tim pencari fakta  tentang adanya kecurangan-kecurangan  dan kasus-kasus   dalam pembebasan lahan BIJB. Warga menilai banyak masalah dalam pembebasan lahan bandara yang akhirnya merugikan masyarakat dan pemerintah.(red).

 

 

916 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/koordinator-kontras-haris-azhar-dukung-perjuangan-warga-desa-sukamulya/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *