Majalengka Akan Tetapkan KTL

Majalengka,(Sinarmedia).-
Tingginya tingkat kecelakan di Majalengka khususnya di jalan tol memasuki wilayah Majalengka, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) berencana meningkatkan kesadaran masyarakat Majalengka untuk tertib berlalu lintas dengan membuat Kawasan Tertib Lalulintas (KTL). Kawasan KTL ditetapkan di  tiga lokasi yakni sekitar alun-alun Majalengka, perempatan Kadipaten dan sekitar toko 17 Kadipaten.
Menurut  kepala  Dishubkominfo Adang Haedar didampingi kabid penguji kendaraan bermotor dan pengendalian lalu lintas Dedi Supriadi dan kabid fasilitas perhubungan Rahmat Gunandar telah membicakan masalah KTL tersebut melalui forum KTL dengan berbagai unsur diantaranya  dengan Ormas, Polres, BMCK, POL PP, BPLH, DPRD dan SKPD terkait lainnya .
Direncanakan ada tiga lokasi jalan yang akan dijadikan lokasi KTL yakni mulai dari perempatan mambo hingga alun-alun Majalengka, Kadipaten mulai dari sekitar toserba Surya hingga traffic light atau perempatan dan arah ke toko 17. Kawasan tersebut dijadikan sebagai project pilot atau percontohan karena volume kendaran, pelanggaran, kecelakaan cukup tinggi jika dibandingkan dengan jalan-jalan lain di kawasan Majalengka.
Jika lokasi tersebut sudah ditetapkan sebagai KTL setiap pelanggar yang tidak mematuhi aturan baik dalam kelengkapan surat kendaraan dan alat keselamatan lainya serta tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas akan ditindak dan diberikan sanksi istimewa yakni berupa denda maksimal.
“Misalkan tidak mengenakan helm dikenakan sanksi denda maskimal Rp. 250 ribu maka dalam surat tilangnya akan diberikan tanda berupa stempel sehingga saat di pengadilan pelanggar harus membayar denda maksimal seperti yang diatur dalam UU no 22 tahun 2009,“ paparnya.
Mengingat jalan yang akan dijadikan KTL merupakan jalan milik provinsi pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi (Pemprov) agar memberikan izin untuk dijadikan KTL. Jika semua persyaratan terpenuhi meliputi rambu lalulintas, marka jalan, median, pos polisi dan lainnya segera akan diberlakukan KTL.
Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terlebih dulu kepada masyarakat diantaranya dengan memasang papan informasi memasuki lokasi KTL selain itu upaya tindakan yang akan dilakukan polisi berupa teguran dan sanksi umum seperti berlaku bagi pelanggar jalan umum sampai batas waktu yang ditentukan.
“Tentunya akan disosialisasikan terlebih dulu makanya dalam forum ini kami libatkan perwakilan pengguna jalan yang diwakili P2AK, AKDP, YLBK dan perwakilan ormas lainnya. Kami juga akan mengkajinya lagi lebih dalam baik anggaran, rambu-rambu dan persyaratan lainnya masih kami persiapkan, pembahasan ini baru awal,“ tandasnya.(S.04)

865 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/majalengka-akan-tetapkan-ktl/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *