Masyarakat Desa Leuwikidang Sambut Program Prona

Kasokandel, (Sinarmedia).-
Warga desa Leuwikidang Kecamatan Kasokandel menyambut baik adanya Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sebanyak 300 bidang tanah milik masyarakat telah selesai dilakukan pengukuran.
Kepala Desa Leuwikidang, H. Erwin Rahmawan SH. kepada Sinarmedia menyebutkan, bantuan Prona dari BPN sebanyak 300 bidang telah selesai dilaksanakan, tujuan bantuan ini adalah untuk membantu masyarakat yang tidak mampu yang belum mempunyai sertifikat tanah.
“Dengan adanya Prona yang diluncurkan oleh BPN ke desa Leuwikidang tentunya sangat membantu masyarakat desa kami. Karena pengurusannya sangat mudah, murah serta waktunya sangat cepat,” katanya.
Karena sertifikat tanah, selain sebagai alat bukti yang sah kepemilikan tanah bisa dipakai sebagai agunan kepada Bank apabila membutuhkan sebagai penambah modal usaha. Karena itu dari jumlah 300 bidang tanah yang mengikuti program Prona untuk masyarakat di desa Leuwikidang kebanyakan yang mengikuti program prona ini lapisan masyarakat bawah dan menengah.
Bahkan untuk tahun depan masyarakat yang tanahnya belum bersertifikat meminta kepada desa untuk tahun yang akan datang mengajukan lagi Prona kepada pihak pemerintah melalui BPN supaya diadakan lagi.
Hal senada juga disampaikan oleh salah satu warga Desa Leuwikidang, Iman (56). Ia mengatakan, bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya program sertifikat masal tersebut. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala desa Leuwikidang dan BPN dengan adanya sertifikat masal ini, sebab kalau tidak ada program ini ia selaku warga yang tidak mampuh tidak akan mempunyai sertifikat tanah. Karena kalau sengaja membuat membutuhkan biaya cukup besar antara Rp. 4 sampai Rp. 5 juta dari mana uang itu.
“Untung saja di desa kami ada program prona yg gratis,” ujarnya.
Hal senada juga disampaikan warga lainya Arip (46), menurutnya, selaku warga yang tidak mampu ia sangat bersyukur ada Prona ini karena kini tanah miliknya memiliki sertifikat yang sah.
“Alhamdulilah dengan adanya program Prona dari pihak pemerintah melalaui BPN sangat terbantu sekali, untuk itu semoga kedepannya program prona ini terus berkelanjutan, mengingat saudara kami pada tahun ini belum kebagian program Prona karena tanah sawah mereka belum dilengkapi dengan sertifikat tanah,” harapnya. (S.05).

467 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/masyarakat-desa-leuwikidang-sambut-program-prona/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *