Menjadi Calo CPNS Dua PNS Terancam Dipecat

Lalan Soeherlan
H. Lalan Soeherlan

Majalengka,(Sinarmedia).-
Dua orang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) NW dan IK yang diduga telah melakukan penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terancam mendapat sanksi berat berupa pemecatan. Berdasarkan hasil pemeriksaan tim Inspektorat Majalengka keduanya terbukti melakukan pelanggaran berat berupa penipuan dan penyalahgunaan wewenang.
Menurut Kepala Inspektorat Kabupaten Majalengka Inspektur, H. Lalan Suherlan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dengan pemanggilan terhadap kedua PNS yang bersangkutan dan sejumlah saksi. Dan berdasarkan keterangan dan pengakuan sejumlah saksi keduanya terbukti melakukan tindak  penipuan.
Menurut Lalan, keduanya sudah kami periksa memang keduanya mengakui dan terbukti melakukan penipuan dengan menjanjikan sesuatu kepada korbannya, sementara atas janji tersebut korban meminta uang sebagai imbalannya sedangkan janji manis yang pernah disampaikan tidak terealisasi.
“Untuk sanksinya sendiri sudah kami siapkan, kemungkinan keduanya dipecat sebagai PNS karena telah terbukti melakukan pelanggaran berat. Bahkan tidak hanya itu keduanya bisa saja dipidanakan atas kasus penipuan yang dilakukannya,” kata Lalan saat ditemui Sinarmedia.
Lalan menuturkan, berkas hasil pemeriksaan sudah diserahkan kepada Bupati untuk kemudian beliaulah yang berhak menindak sanksi apa yang akan dijatuhkan anak buahnya tersebut. Lalan juga menghimbau kepada seluruh PNS agar kasus yang menimpa oknum PNS tersebut menjadi pelajaran dan berharap kedepan tidak terjadi lagi permasalahan serupa.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Majalengka, H. Sanwasi saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya belum bisa berkomentar terkait sanksi pemecatan terhadap kedua oknum PNS itu. Pasalnya pihaknya belum menerima surat keputusan dari Bupati, dan ia berjanji apabila sudah menerima akan diekpos ke media.
“Sampai saat ini kami belum menerima surat keputusan berupa sanksi pemecatan terhadap kedua oknum PNS tersebut, apabila inspektorat sudah menyerahkan ke Pak Bupati mungkin masih di meja Pak Bupati, belum turun,” katanya.
Sanwasi menegaskan, bahwa pihaknya akan menjalankan tugasnya secara profesional dan tanpa ada istilah tebang pilih, apabila kedua PNS tersebut terbukti bersalah dan sesuai keputusan Bupati sanksinya adalah pemecatan pasti akan dijalankan walaupun salah satu dari PNS merupakan mantan pegawai BKD.
“Bagi kami tidak ada komproni, apabila PNS tersebut terbukti bersalah dan harus dipecat pasti kami jalankan, walaupun PNS tersebut pernah bekerja di BKD sekalipun,” tegasnya.
Seperti diberitakan Sinarmedia edisi sebelumnya, terungkap kasus praktek penipuan CPNS yang dilakukan dua oknum PNS yakni IK yang tercatat sebagai Kasubag Perencanaan di Kantor Kecamatan Rajagaluh, dan NW tercatat sebagai Kasie Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Majalengka. Tak tanggung-tanggung korbannya mencapai puluhan dengan nilai kerugian mecapai Rp. 2 milyar lebih.(S.02).

867 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/menjadi-calo-cpns-dua-pns-terancam-dipecat/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *