Menjaga Kedaulatan Negara Kewajiban Seluruh Warga

Majalengka,(Sinarmedia).-

Dalam upaya meningkatkan kesadaran bernegara dilingkungan pendidikan sebagai generasi penerus bangsa, Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto memberikan pengarahan kepada civitas akademika Universitas Majalengka (UNMA). Materi yang disampaikan terkait dengan upaya  menjaga kedaulatan dan idielogi negara dari pengaruh asing.

Menurut Kapolres, sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 30 ayat 1 tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Karenanya setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk ikut serta dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara dari gangguan ancaman baik itu dari luar maupun dari dalam negeri.

“Bukan hanya pemerintah saja yang berkewajiban menjaga kedaulatan dan idieologi negara tapi juga  seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk menjaganya, “ paparnya.

Belajar dari  sejarah, Indonesia pernah menjadi negara jajahan Belanda dengan menggunakan strategi adu domba atau yang dikenal dengan devide et impera. Indonesia yang merupakan negara kesatuan yang terdiri dari berbagai ras, suku, agama dan lainnya mudah untuk dipecah belah, belajar dari kejadian serupa diharapkan mahasiswa-mahasiswi yang merupakan generasi penerus bangsa agar lebih waspada jangan mudah termakan isu dan pengaruh yang bisa membahayakan diri dan negara.

Usai Indonesia merdeka dalam perjalanannya pernah mengalami berbagai pemberontakan diantaranya seperti G30S/PKI dan DI TII yang mengancam idieologi negara yakni Pancasila dan berdasarkan peristiwa yang terjadi saat ini banyak negara asing yang hendak merongrong kedaulatan NKRI diantaranya seperti perbatasan Indonesia Malaysia, upaya negara Cina yang hendak mengambil pulau Natuna dan lainnya untuk itu pihaknya kembali mengingatkan agar lebih waspada.

“Di Majalengka UNMA merupakan universitas terbaik dan memiliki banyak mahasiswa bahkan anggota POLRI Polres Majalengka banyak yang kuliah di UNMA, semoga kedepan UNMA bisa lebih maju dan menjadi Universitas Negeri,“ ujarnya.

Sementara itu Rektor Unma Prof.Dr.Ir.H.Sutarman yang diwakili oleh  Wakil Rektor I  Dr.M.Rahmat S.H.M.H. mengucapkan terima kasih kepada Kapolres yang telah mengunjungi UNMA sekaligus memberikan pencerahan. Ia berharap kedepan bisa menjalin kerjasama lagi antara UNMA dan Polres Majalengka.

Acara tersebut turut dihadiri para pejabat Polres Majalengka diantaranya Kasat Intelkam AKP Dadang Surahhidayat, Kasat Lantas AKP Iim Abdurahim, Kanit Propam Iptu Umang Sumarsa, Kasat Narkoba AKP Darli, Kasat Reskrim diwakili Kanit Tipikornya IPDA Jojo Sutarjo dan lainnya serta dihadiri sejumlah dosen Fakultas Hukum.(S.04)

314 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/menjaga-kedaulatan-negara-kewajiban-seluruh-warga/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *