Pembangunan SOR Baribis Batal

Majalengka,(Sinarmedia).-

Pembangunan tahap dua Sarana Olah Raga (SOR) di atas lahan seluas 20 hektare di Desa Baribis, Kecamatan Cigasong tepatnya di ruas jalan Majalengka-Jatiwangi akhirnya batal dibangun pada tahun 2016 ini.Batalnya pembangunan fisik SOR tersebut dikarenakan tidak ada satupun pengusaha yang lolos sebagai pemenang lelang.

Kepala Unit Lelang Pengadaan (ULP) Majalengka Nana membenarkan bahwa pembangunan SOR Baribis tahap dua tidak jadi dilaksanakan tahun 2016 .Pembangunan SOR itu terpaksa ditunda dan kemungkinan akan diajukan kembali pada tahun 2017 mendatang.Menurut Nana batalnya pembangunan SOR itu disebabkan tidak ada pengusaha peserta lelang yang memenuhi persyaratan sehingga dinyatakan gugur.

Dijelaskan,  pihak ULP telah melaksanakan lelang untuk kedua kalinya karena pada lelang pertama tidak ada perusahaan yang lolos,namun pada lelang ulang lagi-lagi tidak ada perusahaan yang memenuhi syarat.Pada lelang ulang pagu anggaran untuk pembangunan SOR diturunkan dari Rp.53 M menjadi Rp.37 M karena keterbatasan waktu pelaksanaan.

“Lelang pertama diikuti oleh 5 perusahaan besar dengan pagu anggaran mencapai Rp.53 Milyar,lelang kedua diikuti oleh 8 peserta dengan pagu anggaran lebih kecil dari lelang pertama yakni sebesar Rp.37 Milyar ,“bebernya.

Umumnya pada lelang kedua para peserta lelang gugur ditahap kualifikasi dengan kurang beberapa persyaratan diantaranya belum memiliki surat izin tanah timbun atau urugan dan persyaratan lainya.

Menurutnya pagu anggaran dari lelang pertama berdasarkan pada pertimbangan waktu pengerjaan yang tinggal 3 bulan lagi sehingga perlu dilakukan penyesuaian tingkat pengerjaanya agar pengerjaan mampu diselesai sebelum akhir tahun.

Untuk lelang konsultan sudah dilaksanakan pada bulan Maret lalu dan pengerjaanya pun sudah selesai dilaksanakan dengan pagu anggaran sekitar Rp. 500 juta.

Batalnya pelaksanaan pembangunan SOR Baribis tersebut dibenarkan oleh kepala dinas Pemuda, Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata ( Porabudpar)  Agus Permana saat ditemui Sinarmedia belum lama ini. Menurut Agus, karena tidak diserap anggaran untuk pembangunan SOR Baribis itu dikembalikan lagi ke pemerintah Propinsi.

Namun ia berharap pembangunan SOR Baribis itu bisa dilaksanakan pada tahun 2017 dan pihaknya sudah mengajukan kembali ke Pemprop Jawa barat  dengan nilai anggaran yang sama.Menurutnya kecil kemungkinan anggaran untuk pembangunan SOR tersebut bisa ditambah.

Berdasarkan pantaun dilapangan lahan tersebut kini sudah diratakan dan di beberapa bagian pinggir pembatas lahan antara masyarakat dengan lokasi pembangunan SOR sudah mulai disender sehingga cukup jelas batas wilayah SOR tersebut.

Sementara itu diujung lapang tepatnya sebelah barat Puskesmas Kutamanggu telah dibangun jalan baru selebar lebih dari 16 meteran guna mengantisipasi terjadinya kemacetan jika nanti digelarnya event olah raga Jalan tersebut tembus ke jalan lingkar Baribis-Panyingkiran.(S.04)

713 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/pembangunan-sor-baribis-batal/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *