Pembangunan SOR Baribis Tahun 2017 Batal Lagi

Majalengka,(Sinarmedia).-

Setelah tertunda di tahun 2016 akibat gagal lelang, pembangunan Sarana Olah Raga (SOR) tahap dua yang berlokasi di Desa Baribis kecamatan Cigasong dengan lahan seluas 20 hektare yang rencananya akan dibangun pada awal tahun 2017 ini kembali batal. Batalnya pembangunan SOR Baribis dikarenakan pemerintah Propinsi Jawa Barat tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk pembangunan SOR yang kontroversial sejak awal tersebut.

Seperti diketahui, pengurugan lahan untuk pembangunan SOR Baribis yang anggarannya mencapai Rp3 Milyar tersebut sempat mencuat karena diduga bermasalah. Sejumlah pejabat dan pengusaha sempat diperiksa di Polres Majalengka terkait masalah urugan lahan SOR itu. Namun hingga kini tindak lanjut  proses hukum terkait hal itu tidak jelas.

Batalnya pembangunan SOR di tahun 2017 dibenarkan oleh Pjs Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Majalengka Wawan Sarwanto. Menurut Wawan yang juga Sekretaris Dinas Perumahan, Permukiman dan Sumber Daya Air itu menjelaskan, tidak ada lelang untuk proyek pembangunan SOR Baribis karena dana bantuan untuk pembangunan SOR dibatalkan oleh pemerintah Provinsi.

“Pada bulan Januari ULP tidak melaksanakan lelang pembangunan SOR Baribis karena dana bantuan untuk  pembangunan SOR Baribis dari Provinsi dibatalkan,“ paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Agus Permana saat dikonfirmasi Sinarmedia menjelaskan, tidak ada pembatalan untuk pembangunan SOR Baribis. Pembangunan SOR Baribis akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

Menurut Agus, berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak pemerintah propinsi, anggaran untuk pembangunan SOR tidak bisa masuk pada APBD Propinsi Jawa Barat tahun 2017 karena pemkab Majalengka terlambat mengajukan anggaran ke Pemprov. Seharusnya anggaran sudah diajukan paling lambat bulan Maret 2016 sementara Pemkab Majalengka baru mengajukan pada bulan Agustus 2016.

Seperti diberitakan Sinarmedia sebelumnya Kepala ULP Majalengka Nana yang kini dimutasikan ke Dinas Perdagangan, pembangunan SOR Baribis tahap dua tidak jadi dilaksanakan tahun 2016. Namun akhirnya pembangunan SOR itu terpaksa ditunda dan kemungkinan akan diajukan kembali pada tahun 2017 mendatang dan akan dilelangkan di awal tahun. Batalnya pembangunan SOR tahun 2016 disebabkan tidak ada pengusaha peserta lelang yang memenuhi persyaratan sehingga dinyatakan gugur semuanya.

Dijelaskan, pihak ULP telah melaksanakan lelang untuk kedua kalinya, lelang pertama tidak ada perusahaan yang lolos, pada lelang ulang, lagi-lagi tidak ada perusahaan yang memenuhi syarat. Sementara untuk lelang kolsultannya sendiri udah dilaksanakan pada bulan Maret 2016 lalu dan pengerjaannya pun sudah selesai dilaksanakan dengan pagu anggaran sekitar Rp500 juta.

“Lelang pertama diikuti oleh 5 perusahaan besar dengan pagu anggaran mencapai Rp53 miliar, lelang kedua diikuti oleh 8 peserta dengan pagu anggaran lebih kecil dari lelang pertama yakni sebesar Rp37 miliar,“ ungkap Nana ketika itu.(S.04)

603 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/pembangunan-sor-baribis-tahun-2017-batal-lagi/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *