Pembuatan e-KTP Lampaui Target Nasional

Majalengka,(Sinarmedia).-
Walaupun dalam kondisi keterbatasan peralatan dan jumlah blanko, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka mampu melebihi target nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan pembuatan akta kelahiran.
Menurut kepala Disdukcapil Jojo Hadiwijaya didampingi sekertaris Abdurahman, terhitung sejak 31 Desember 2015 dari jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 1.250.183 jiwa sudah terlayani sebanyak 781.676 wajib KTP atau sekisar 91,33% dari target nasional hingga 2019 sebesar  95%.
Begitu pula dengan pembuatan akta kelahiran mencapai 95,26% atau sekisar 337.624 melebihi target nasional yang hanya mencapai 75% ,dalam waktu dekat pihaknya juga berencana untuk meningkatkan pelayanan pembuatan e-KTP sehingga bisa selesai dalam hitungan jam.
“Kami terus berupaya untuk memberikan yang terbaik namun kami juga akui masih banyak yang belum terlayani hal itu disebabkan elemen data yang diberikan pemohon belum lengkap atau ada kesalahan sehingga tidak bisa kami proses diantaranya bahkan ada yang sudah 2 tahun belum juga kami proses disebabkan yang bersangkutan belum juga melengkapi elemen data,“ paparnya saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.
Menanggapi keluhan masyarakat yang merasa dibedakan terkait waktu penyelesaian pengajuan pembuatan e-KTP sementara rekannya yang baru mengajukan sudah seselai disebabkan kelengkapan data persyaratan masih kurang atau ada kesalahan data yang harus diperbaiki dulu sehingga ada perbedaan waktu penyelesaian dalam pembuatan e-KTP.
Secara umum beberapa faktor  permasalahannya meliputi double kartu keluarga (KK)/no NIK, melakukan perekaman lebih dari satu kali, kepindahan antar kabupaten tidak dilengkapai SKPWNI dan gagal elemen data saat teknis perekaman.
Pihaknya juga menghimbau kepada warga yang belum melakukan perekaman elektronik baik pemula atau yang sudah memiliki KTP lama/nasional diharapkan segera melakukan perekaman ke kantor kecamatan setempat dan meminta bukti hasil perekamannya agar proses pembuatan e-KTP bisa lebih cepat.
“Dengan adanya bukti hasil perekaman akan mempermudah petugas kami dalam melakukan pencarian data sehingga proses pembuatan e-KTP bisa lebih cepat oleh karena itu kami meminta kepada pihak kecamatan agar memberikan surat keterangan bukti hasil perekaman atau yang dikenal masyarakat sebagai KTP sementara baik dipinta maupun tidak dipinta oleh pemohon, “ tandasnya.(S.04)

653 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/pembuatan-e-ktp-lampaui-target-nasional/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *