Pendapatan PBB Majalengka “Melempem”

Majalengka,(Sinarmedia).-

Pendapatan daerah dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kabupaten Majalengka tahun 2015 ini “melempem”. Hingga bulan Oktober dari 26 kecamatan baru 3 Kecamatan yang melunasi PBB yakni Kecamatan Cingambul, Kecamatan Talaga dan Kecamatan Banjaran.
Rendahnya pencapaian pendapatan dari PBB tersebut menurut beberapa sumber Sinarmedia dikarenakan masyarakat banyak yang enggan membayar PBB karena mengalami kenaikan yang dirasakan sangat memberatkan. Selain itu banyak petugas kelektor PBB yang berhenti dan tidak semangat untuk memungut PBB karena upahnya kecil tidak sebanding dengan tugas yang diembannya.
Kepala Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Eddy Noor Sujatmiko melalui Kabid Pendapatan Waryo Effendi mengaku, keterlambatan pembayaran PBB tersebut diduga disebabkan perombakan aparat desa oleh sejumlah kades terpilih  salah satunya petugas kolektor pasca digelarnya Pilkades serentak kemarin.
“Surat pajak sudah kami keluarkan dan sebar ke kecamatan sejak April lalu namun realisasinya hingga bulan Mei masih mengendap dipemerintahan desa belum disebarkan kepada wajib pajak,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya.
Kemungkinan dalam waktu dekat ini pencapain PBB akan bertambah mengingat ada beberapa kecamatan yang pelunasan PBB nya sudah mencapai 80%.
Ditambahkannya tahun ini ada kenaikan pajak hingga 20-40 % disesuaikan dengan kondisi wilayah.
“Untuk wilayah kawasan industri kenaikanya mencapai 40%,wilayah tengah 30% dan wilayah selatan 20%/,” ujarnya.
Sementara terkait insentif PBB hanya 5% sesuai yang diamanatkan dalam PP 69 tahun 2010 tentang tata cara pemberian dan pemanfaatan insentif pungutan pajak.Walau demikian pihaknya berharap hal itu tidak menyurutkan kinerja petugas lapangan khususnya pemerintahan Desa.
“Ini merupakan kewajiban kita bersama apalagi saat ini Kades dan perangkatnya sudah memiliki gaji yang bersumber dari dana Desa,” tandasnya.(Indra)

628 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/pendapatan-pbb-majalengka-melempem/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *