PMBK Kecamatan Kertajati Ajang Pencarian Bakat

Kertajati,(Sinarmedia).-
Dalam rangka meningkatkan aktifitas dan reatifitas sekaligus upaya meningkatkan prestasi siswa didik di tingkat sekolah dasar, UPTD Pendidikan Kecamatan Kertajati menggelar ajang lomba Kegiatan Pembinaan Minat Bakat dan Kreatifitas (PMBK) dan O2SN tahun 2016 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka Drs. H. Iman Pramudya Subagja MM.
Kadisdik Iman dalam sambutannya mengatakan, ia selaku Kadisdik mengapresiasi langkah Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kertajati bersama panitia pelaksana kegiatan PMBK tahun 2016 mengingat program ini merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan mulai tingkat kecamatan sampai kabupaten bahkan hingga tingkat nasional.
Menurut Kadisdik, PMBK ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mencari bibit unggul siswa yang berprestasi untuk menjadi perwakilan ke tingkat kabupaten dan selanjutnya menjadi perwakilan ke tingkat propinsi serta menjadi perwakilan ke tingkat nasional.
“Karena dengan adanya kegiatan perlombaan PMBK ini sebagai bahan evaluasi juga kita sebagai guru-guru di sekolah masing-masing, sebab dengan ikut perlombaan ini perwakilan dari masing-masing sekolah dasar, bagaimana kita mengukur tingkat keberhasilan selama ini guru-guru setiap hari dalam mendidik siswanya,” katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan, Hj. Ropedah S.Pd. mengatakan, kegiatan PMBK ini selain merupakan salah satu bentuk evaluasi kepada peserta didik juga sekaligus wahana untuk mencari bakat- bakat yang terpendam bagi peserta didik.
“Pengalaman adalah guru terbaik dan semoga dalam kegiatan ajang PMBK ini menjadi sebuah pengalaman bagi peserta didik untuk bekal di masa yang akan datang,” katanya.
Sementara kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kertajati Darus Suyanto didampingi ketua Kegiatan PMBK Jaya Nur Jaya mengatakan, tujuan kegiatan PMBK adalah sebagai wadah untuk berkreasi para peserta didik dengan menampilkan karya-karya kreatif dan inovatif bagi siswa dengan mengedepankan jiwa sportifitas dalam mengembangkan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
“Selain itu untuk mengembangkan bakat dan minat siswa baik di bidang akademik, seni, maupun olahraga, mengembangkan jiwa sportifitas, rasa percaya diri, dan tanggung jawab serta menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air,” katanya.
Masih menurut Darus, pelaksanaan kegiatan PMBK tahun 2016 untuk Kecamatan Kertajati dilaksanakan mulai tanggal 15 Pebruari sampai tanggal 8 bulan Maret. Adapun jenis kegiatan perlombaan yang dilombakan ada 25 jenis lomba yang dipertandingkan terdiri dari, Prestasi Akademis, sebanyak 3 jenis lomba, Festifal Kreatifitas dan Kompentensi sebanyak 13 jenis lomba, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sebanyak 7 cabang olahraga, serta sapta lomba pendidikan agama islam, dan Lomba Guru dan Kepala sekolah berprestasi.
Kegiataan PMBK dan O2SN tahun 2016 untuk di UPTD Pendidikan Kecamatan Kertajati sendiri diikuti oleh 1.800 siswa sekolah dasar yang berasal dari 30 sekolah dasar, ditambah 60 orang kepala sekolah  dasar yang berprestasi.(S.05).

495 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/pmbk-kecamatan-kertajati-ajang-pencarian-bakat/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *