Program KBR Bantu Atasi Lahan Kritis

Majalengka,(Sinarmedia).-
Dari sekian banyak program pemerintah dalam upaya penanggulangan lahan kritis salah satunya adalah program bantuan Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang ada di dinas Kehutanan,perkebunan dan peternakan (Hutbunak) Kabupaten Majalengka. Program ini digulirkan pada tahun 2014 lalu kepada sejumlah kelompok tani di yang ada di Kabupaten Majalengka.
Kepala Dinas Hutbunak Majalengka, Dr. Ir. H.Sadili. M.Si melalaui Kabid Kehutanan Badrujaman S.Hut mengatakan, tujuan pemerintah memberikan bantuan KBR kepada sejumlah kelompok tani berupa bibit tanaman selain untuk mengatasi lahan kritis yang mengakibatkan pemassan global juga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Adapun kelompok tani yang mendapatkan bantuan program KBR pada tahun 2014 sebanyak 4 kelompok tani, yang diantaranya,kelompok tani Jayi, Kelompok Cikondang, Kelompok tani Sindanghurip,dan Kelompok tani Leumahputih.Setiap kelompok  mendapatkan bantuan KBR sebesar Rp.50 juta per kelompok tani yang ditranfers langsung ke rekening kelompok.
“Setiap kelompok tani mendapatkan bantuan KBR sebesar Rp 50 juta anggaran tersebut  berasal dari dana bantuan APBN tahun anggaran 2014 guna pembelian bibit tanaman, dan dana langsung ditrasper ke rekening masing-masing kelompok,” kata Badrujaman
Lebih lanjut dikatakan Badrujaman, pihak  kelompok tani dengan angggaran Rp. 50 juta penyalurannya untuk digunakan penggadaan bibit pohon setiap kelompoknya membeli 40 ribu bibibt pohon.Sedangkan jenis pohon yang  disalurkan untuk ditanam di lahan kritis itu diantaranya adalah bibit pohon mahoni, alba dan  durian.
“Kami berharap dengan adanya bantuan ini untuk  dapat bermanfaat bagi  masyarakat,terutama dalam mengurangi lahan-lahan kritis  yang ada di Majalengka,”harapnya.
Sementara itu menurut salah satu anggota kelompok tani penerima bantuan KBR yakni kelompok tani Sindanghurip,Hidayat mengaku masyarakat sangat menyambut baik program bantuan KBR dari Dinas Hutbunak  tersebut.Dengan adanya bantuan KBR kepada kelompok  tani  sangat membantu sekali selain untuk mengatasi lahan kritis juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Saya berharap kedepannya bantuan KBR bisa terus berjalan karena program tersebut langsung bersentuhan dengan masyarakat,” katanya.(S.05)

556 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/program-kbr-bantu-atasi-lahan-kritis/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *