Setelah Diserahkan Ke Daerah Pembuatan e-KTP Bisa Lebih Cepat

Majalengka,(Sinarmedia).-
Keluhan masyarakat terkait sulitnya memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang selama ini terjadi nampaknya akan segera teratasi setelah masalah pencetakan e-KTP (KTP elektronik) mulai tahun 2015 ini sudah diserahkan dari pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten.
Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka sebagai dinas teknis yang bertanggung jawab dalam masalah e-KTP sudah bisa melakukan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secara langsung .Namun demikian prosedur pembuatan e-KTP tetap harus melalui  kantor kecamatan artinya masyarakat yang belum memiliki e-KTP bisa langsung mengajukan permohonan melalui kecamatan masing-masing.
Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil, Nunung Siti Nuraya saat ditemui Sinarmedia dikantornya belum lama ini.Menurut  Nunung, pihaknya sudah melakukan pencetakan e-KTP sejak bulan Desember 2014 lalu. Namun untuk sementara pihaknya saat ini tidak melayani pengajuan e-KTP baru karena tengah fokus mencetak e-KTP perbaikan atau yang bermasalah seperti kesalahan indetitas yang jumlahnya mencapai 5.315 orang.
“Untuk perbaikan e-KTP yang terjadi kesalahan data ini menjadi prioritas, jumlahnya pun cukup banyak mencapai 5.315 yang berasal dari 6 kecamatan diantaranya : Cigasong, Lemahsugih, Bantarujeg, Cikijing, Palasah dan Ligung,” katanya.
Pengerjaan e-KTP perbaikan ini kata Nunung, sama saja kembali ke awal untuk itu kepada setiap kecamatan harus menyerahkan data warganya yang mengalami kesalahan identitas agar lebih memudahkan pengerjaanya, karena hingga saat ini masih ada beberapa kecamatan yang belum menyerahkannya. Dari 5.315 e-KTP  perbaikan kesalahan data ini baru selesai dikerjakan sekitar 3.100,  diupayakan pada akhir bulan ini bisa selesai dan dapat diserahkan kepada masyarakat.
“Jika tidak ada kendala, kami upayakan dibulan ini bisa kami selesaikan dan segera diserahkan kepada masyarakat,“ ujarnya.
Untuk pendaftaran e-KTP sendiri lanjut Nunung, masih dilakukan di kecamatan setempat untuk diambil sidik jari,foto dan lainya,Disdukcapil hanya bertugas untuk melakukan pencetakan e-KTP.Sementara  kendala yang masih dihadapi Disdukcapil saat ini adalah adanya peralatan yang rusak yaitu Smart Rider ditambah stok blanko dan ribbon masih disuplay dari pusat dan jumlahnya pun sangat terbatas.
“Penggunaan mesin cetak e-KTP belum maskimal karena harus memperhatikan suhu mesin, tidak boleh terlalu diporsir sehingga menjadi panas bila terlalu panas kartu elektronik akan meleleh,“ jelasnya.(S.04)

586 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/setelah-diserahkan-ke-daerah-pembuatan-e-ktp-bisa-lebih-cepat/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *