Siap Gelar Pilkades, 5 Desa di Dawuan Bentuk Panitia

Dawuan,(Sinarmedia).-

Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Majalengka, lima desa di Kecamatan Dawuan sudah membentuk panitia 11. Seperti diketahui, 62 desa di Kabupaten Majalengka lima desa diantaranya di Kecamatan Dawuan akan melaksanakan Pilkades serentak  pada tanggal 15 Juli 2017 mendatang.

Berdasarkan pantauan Sinarmedia, 5 desa di Kecamatan Dawuan masing-masing Desa Sinarjati, Desa Baturuyuk, Desa Pasirmalati, Desa Bojong Cideres dan Desa Genteng sudah mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Pilkades dengan membentuk kepengurusan panitia 11 yang dipilih berdasarkan  hasil musyawarah secara mufakat dengan tokoh masyarakat.

Camat Kecamatan Dawuan Drs. Uwo Juhro ketika dikonfirmasi Sinarmedia menjelaskan, di Kecamatan Dawuan ada 5 desa yang sudah habis masa jabatan kepala desanya yaitu Desa Sinarjati, Desa Baturuyuk, Desa Genteng, Desa Pasirmalati, Desa Bojong Cideres.

Dikatakan mantan Camat Sindang itu, 5 desa tersebut semuanya sudah mulai membentuk panitia 11 yang mana panitia 11 itu merupakan hasil musyawarah antara warga masyarakat dengan tokoh masyarakat serta BPD.

Hingga saat ini kata Uwo, situasi dan kondisi di lima desa yang akan melaksanakan pilkades tesebut aman dan terkendali dan ia mengharapkan kondisi itu tetap terjaga dengan baik hingga selesainya pelaksanaan Pilkades. Adapun suka ada dinamika di masyarakat dengan adanya perbedaan pilihan hal itu sesuatu yang wajar asal tidak berlarut-larut.

Sementara itu menurut keterangan tokoh pemuda Desa Sinarjati Dedi Sanedi yang biasa disapa David mengatakan, suhu politik tingkat desa yang akan melaksanakan hajat demokrasi tingkat desa yaitu pemilihan kepala desa  saat ini masih aman tidak ada gejok apa-apa, mungkin saat ini belum masuk pada  tahapan pembukaan calon hingga suhu politik di desanya masih dingin.

Di Desa Sinarjati sendiri sampai saat ini berdasarkan informasi kata David sudah ada dua kandidat yang akan maju pada Pilkades yakni petahana kepala desa Aceng  dan calon lain yang namanya juga Aceng. Sehingga ada dua Aceng yang bakal maju pada Pilkades di Desa Sinarjati.

Sementara itu di Desa Pasirmalati menurut keterangan warga setempat yang akan ikut pencalonan kepala desa pada bulan Juli 2017 nanti sudah ada tiga nama calon yakni incumbent yaitu kepala desa  Ijen, Iwan pegawai Pol PP Majalengka dan Sekdes  Desa Pasirmalati.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Majalengka Rahmat Gunandar ketika dikonfirmasi oleh sinarmedia menyebutkan, berdasarkan hasil keputusan rapat tim dan telah disetujui oleh Bupati Majalengka Plikades serentak akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2017 mendatang. Pemerintah Kabupaten Majalengka telah mengganggarkan dana stimulan dari APBD mengacu kepada tahun 2015  lalu sebesar Rp13 juta per desa.

Dengan adanya dana stimulan dari pemerintah tersebut, Rahmat menghimbau agar pihak panitia 11 walaupun diperkenankan untuk memungut biaya secara swadaya karena anggaran dari pihak pemerintah tidak mencukupi, tapi tidak boleh melebihi dari anggaran yang sudah diberikan oleh pihak pemerintah.(S.05).

323 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/siap-gelar-pilkades-5-desa-di-dawuan-bentuk-panitia/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *