SMAN 2 Majalengka Bangun Ruang Kelas Representatif

Majalengka,(Sinarmedia).-
SMAN 2 Majalengka merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di  Kabupaten Majalengka, maka tak heran apabila setiap tahunnya pada tahun ajaran baru, sekolah yang  terletak bersebelahan dengan  gedung kantor Sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Majalengka itu selalu diserbu oleh para calon siswa baru.
Tidak semua calon siswa yang berminat untuk menimba ilmu di Smandaka (SMAN 2 Majalengka) bisa ditampung mengingat jumlah sarana fasilitas ruang belajar yang  terbatas hingga tidak memungkinkan untuk menampung keseluruhan siswa yang mendaftar. Untuk memenuhi kebutuhan ruang kelas tersebut pihak sekolah dengan komite sekolah melakukan upaya untuk menambah ruang kelas baru.
Menurut kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Majalengka Drs. Wawan Ridwan M.Pd., berkat kerjasama yang baik antara sekolah dan komite sekolah pada akhir tahun 2015 lalu terwujudlah 4 ruang kelas baru yang  representatif. Dua lokal merupakan bantuan dari pemerintah dan dua lokal lagi sumber dananya berasal dari Dana Sumbangan Pendidikan (DSP)  tahunan dari para siswa.
Dengan bertambahnya  4 ruang kelas yang baru tersebut kini SMAN 2 Majalengka tidak lagi kekurangan ruang kelas untuk menampung sebanyak 1.121 siswa yang terbagi dalam 32 rombongan belajar (rombel). Namun apabila tahun 2018 diberlakukan kurikulum 2013 (Kurtilas) maka ruang kelas dipastikan masih kurang karena harus disediakan ruang kelas cadangan.
Wawan sangat mengapresiasi  partisipasi yang sangat luar biasa dari para orang tua siswa yang dengan antusias membantu sekolah. Ia juga berterimakasih kepada komite sekolah yang telah bekerja dengan baik  membantu sekolah.
Ditambahkan Wawan, partisipasi masyarakat demi terselenggaranya program-program pendidikan yang ada di SMAN 2 Majalengka masih sangat diperlukan  karena dana yang diberikan pemerintah melalui Bantuan  Operasional Sekolah (BOS) tidak mencukupi. Untuk itu pihak sekolah menyerahkan masalah kekurangan biaya tersebut kepada orangtua siswa melalui komite sekolah.
Peran Komite Sekolah
Ketua komite sekolah Endang Suhendar  didampingi bendahara komite Sulaeman Ghozali menyatakan, partisipasi para orang tua murid di SMAN 2 Majalengka  dalam membantu sekolah sangat luar biasa. Di luar dugaan pada hari pertama setelah rapat komite saja para orangtua siswa baru yang memberikan partisipasinya melalui Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) tahunan sebesar Rp. 2.250.000,- sudah terkumpul  sekitar 90 persen.
Menurut Endang, DSP tahunan sebesar Rp.2,25 juta itu bukan pertahun melainkan untuk tiga tahun tidak dipungut biaya lagi. Selain dipungut biaya DSP tahunan di SMAN 2 Majalengka hanya memungut DSP bulanan yang besarnya  Rp.100 ribu per bulan.
Selain digunakan untuk membangun ruang kelas, DSP dari para orang tua siswa juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan lainnya seperti  Camping, Study  tour, pengayaan, biaya mengkikuti lomba-lomba akademis maupun non akademis  serta operasional sekolah lainnya. Selain itu juga untuk memberikan reward kepada  anak yang berprestasi berupa uang pembinaan hingga uang dari orang tua siswa ada yang kembali  kepada siswa.
Dalam upaya menghemat anggaran untuk  biaya pembayaran rekening listrik dan pemeliharaan AC yang kini jumlahnya mencapai 40 unit karena  seluruh ruang kelas sudah menggunakan AC maka komite sekolah kini telah membuat terobosan baru.
Terobosan yang dilakukan oleh Komite sekolah kata Endang adalah melakukan pelatihan mekanikal dan elektrikal yang diikuti oleh beberapa guru dan tenaga Tata  Usaha(TU). Mereka dilatih tentang kelistrikan, instalasi  dan tata udara AC hingga terampil dalam memelihara dan memperbaiki AC yang ada di sekolah.
Dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) internal maka biaya untuk pemeliharaan yang berkaitan dengan kelistrikan maupun AC dapat ditekan seminimal mungkin. Tenaga pelatih secara kebetulan merupakan anggota komite sekolah yakni  Ir. Yoga Oktavian Adnan  secara suka rela membagikan ilmunya secara  cuma-cuma demi kemajuan Smandaka. ***

3,422 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/sman-2-majalengka-bangun-ruang-kelas-representatif/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *