TKW Majalengka 10 Tahun Tidak Pulang

Majalengka, (Sinarmedia),-–

Lagi, Tenaga Kerja Wanita ( TKW) asal kabupaten Majalengka Devi Siti Mulyati diduga mengalami penderitaan karena sudah sepuluh tahun tidak jelas nasibnya dan tidak bisa pulang ke tanah air .Keluarga Devi berharap pemerintah membantu menelusiri keberadaanya dan bisa memulangkanya ke Majalengka.

Ditemui dirumahnya di Rt 01 Rw 01Blok Pamengkang Desa Biyawak Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka, Ibu yang anaknya bekerja sebagai TKW ini tak kuat menahan tangis.

Sambil menunjukkan berkas identitas diri sang anak, Ibu Eni (42) menunjukkan foto dan ijazah‎ anaknya yang bernama Devi Siti Mulyati (26). Devi telah berangkat ke Yordania untuk bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di negara tersebut, sejak tahun 2009 lalu.

“Sudah 10 tahun saya merindukan anak saya itu. Dia katanya pengen pulang. Cuma sewaktu komunikasi seminggu lalu, dia langsung direbut hapenya oleh majikannya,” ungkapnya, Jumat 22 November 2019.

Eni menambahkan bahwa Devi, anaknya itu berangkat melalui sebuah PT di Jakarta. Sepengetahuannya Devi berangkat secara resmi, hanya saja ia berangkat dengan menggunakan KTP yang usianya sedikit dituakan demi memenuhi syarat keberangkatan.

“Berangkat melalui PT yang ada di Jakarta, kantornya. Tahun 2009 dia (Devi) berangkat. Saya ingin anak saya pulang, karena sewaktu ditelpon itu, Devi cerita sudah enam tahun tak digaji. Dia tak cerita apakah dipukuli atau diperlakukan keras oleh majikannya. Namun, melihat dia menelpon sambil menangis, saya jadi ingat terus.” ungkapnya.

Eni menjelaskan Devi berangkat setelah lulus dari SMP. Ia berangkat sejak usia 16 tahun. Ia merasa khawatir kepada anaknya itu, karena tidak diijinkan pulang.

“Komunikasi terakhir, Devi sempat bilang akan dipulangkan majikannya kalau pembangunan rumah majikannya sudah selesai. Sementara saat ini tak ada komunikasi lagi.” tandasnya.

Hal senada diungkapkan tetangga dan kerabatnya, Watiah (35) mengatakan ia merasa kasihan kepada ibunda Devi, ibu Eni yang selalu menangis ketika ada kerabat atau saudara yang menanyakan tentang Devi.

“Saya pun melihat postingannya Devi di FB, tapi sekarang sudah gak ada. Karena mungkin dihapus oleh majikannya. Hapenya langsung direbut oleh maijikannya,” ungkapnya. ( S.03).

2,529 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =