Untuk Kenyamanan Belajar Sarana Pendidikan Harus Baik

Leuwimunding,(Sinarmedia).-
Fasilitas dan tempat untuk Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) merupakan salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan, maka dari itu pemerintah berupaya terus melakukan perbaikan dan pembangunan sarana pendidikan di tiap sekolah.
Salah satu bentuk nyata pemerintah dalam melakukan pembangunan ruang kelas sekolah yaitu melalui dana Alokasi Khusus (DAK) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat. Dana ini rutin dikucurkan pemerintah pusat setiap tahun kepada sekolah-sekolah yang membutuhkannya.
Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Leuwimunding, H. Sudirman, S.Pd. kepada Sinarmedia belum lama ini. Menurutnya, untuk kecamatan Leuwimunding sendiri pembangunan sekolah melalui DAK tahun 2015 lalu ada tiga sekolah dasar yang menikmati bantuan DAK, diantaranya  SDN Ciparay 1 mendapatkan 1 ruangan untuk penambahan ruangan kelas,  SDN Lewimunding 3 rehabilitasi ruangan kelas sebanyak 3 lokal ruangan kelas, dan SDN Rajawangi sebanyak 3 ruangan kelas untuk rehabilitasi ruangan kelas.
“Untuk prosesnya sendiri Alhamdulillah berjalan lancar, dari ketiga sekolah dasar yang mendapat bantuan DAK ini semuanya pekerjaannya sesuai dengan RAB dan tepat waktu yakni 75 hari kalender. Adapun sistem pengelolaannya dilakukan secara swakelola oleh pihak sekolah dan dibantu dengan komite sekolah,” katanya.
Selain itu, kata Sudirman, pihaknya mengaku senang karena selama ini sekolah-sekolah di kecamatan Leuwimunding masih terjaga kekompakannya. Hal tersebut bisa dilihat dari proses pembangunan dimana setiap sekolah selalu berkoordinasi dengan pantia pembanguan sekolah yang dibentuk dari hasil musyawarah antara sekolah bersama komite sekolah.
“Kami sengaja didalam proses pengerjaannya menekankan untuk koordinasi, mulai dari tenaga kerja yang melibatkan warga masyarakat setempat, sehingga pembanguan RKB dan rehabilitasi ruangan kelas ini mulai dari awal pelaksanaan hingga akhir pelaksanannya tidak ada kendala apa-apa dan berjalan lancar,” paparnya.
Masih menurut Sudirman, pihaknya juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Pendidikan Majalengka yang telah memberikan bantuan RKB dan Rehabilitasi ruangan kelas  untuk sekolah yang ada di Kecamatan Leuwimunding, dan pihaknya juga berpesan kepada semua sekolah yang telah menerima bantuan DAK ini agar selalu menjaga bangunan sekolah yang sudah diperbaiki.
Rasa terima kasih juga disampaikan oleh para orang tua siswa. Kepada Sinarmedia, Tina (35) warga Desa Rajawangi menyambut baik dengan pembangunan ruang kelas baru di SDN Rajawangi karena selama ini para orang tua siswa merasa khawatir dengan anak-anak yang tengah belajar karena bangunan SDN Rajawangi sebelum dilakukan rehab kondisi cukup mengkhawatirkan.
“Tentu saja kami selaku orang tua merasa senang, pasalnya sebelum SDN Rajawangi dibangun kami merasa khawatir dengan kondisi bangunan sekolah yang sudah rusak. Untuk kegiatan KBM sekarang anak-anak terlihat tambah nyaman sehingga tidak ada rasa lagi kami selaku orang tua cemas ketika anak¬-anak kami sedang belajar,” pungkasnya. (S.05).

578 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/untuk-kenyamanan-belajar-sarana-pendidikan-harus-baik/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *