Warga Sesalkan, Pustu Karanganyar Tidak Berfungsi

Dawuan,(Sinarmedia).-

Pelayanan kesehatan masyarakat masih kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Majalengka terbukti kondisi bangunan Puskesmas pembantu (Pustu) yang berada di Desa Karanganyar kecamatan Dawuan dibiarkan rusak hingga tidak bisa difungsikan. Padahal keberadaan Pustu tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Kondisi bangunan Pustu tersebut memang sudah sangat memprihatinkan dan tampak tidak terpelihara dengan banyaknya rerumputan yang tumbuh di sekitar bangunan. Kondisi ini disesalkan oleh  warga, pasalnya keberadaan Pustu selama ini diandalkan dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa Karanganyar dan sekitarnya.

“Kini kondisi Pustu Desa Karanganyar sangat memprihatinkan sekali, selain bangunan sudah rusak ditambah lagi para pegawainya yakni bidan dan mantri sudah tidak lagi terlihat bekerja di Pustu Desa Karanganyar. Padahal masyarakat sangat membutuhkan keberadaan pustu tersebut untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Dayat (40) warga desa Karanganyar saat ditemui Sinarmedia belum lama ini.

Menurut Dayat, akibat sudah lama tidak ditempati beberapa bagian bangunan pustu kini sudah rusak seperti nampak pada bagian depan dan belakang bangunan dindingnya sudah rapuh, beberapa jendela dan pintu pun rusak, selain itu diperparah dengan atap bangunan yang hampir semuanya runtuh akibat tidak terawat.

“Padahal dahulu ketika ada karyawan dan kepala Pustu Karanganyar bangunan ini terawat dan layak, namun semenjak tidak ditempati kondisi Pustu rusak begitu saja,” paparnya.

Hal senada disampaikan warga lainya Ujang (45), menurut Ujang sewaktu ditempati Pustu Desa Karanganyar ini cukup ramai sebagai tempat pelayanan kesehatan warga yang ingin berobat. Bukan hanya warga Desa Karanganyar saja yang datang ke Pustu Karanganyar tapi juga  warga lainnya seperti Desa Salawana.

“Saya juga tidak mengerti karena tiba-tiba saja Pustu ini dibiarkan kosong dan tidak difungsikan lagi. tentu saja akibat dibiarkan kondisi bangunan Pustu kini menjadi rusak karena tidak terawat,” katanya.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Majalengka, dr. H. Gandana Purwana, MARS, melalui Kabid Pelayanannya, Dr. Jajang membenarkan bahwa kondisi Pustu desa Karanganyar kini sudah tidak difungsikan lagi dengan alasan sudah tidak efektif.

“Memang benar Pustu desa Karanganyar sudah tidak difungsikan lagi, dan itu sudah merupakan kebijakan pimpinan,” jelasnya. (S.05).

292 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://sinarmedia-news.com/warga-sesalkan-pustu-karanganyar-tidak-berfungsi/
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *