9 Mei 2021

Sinar Media Online

Tegas, Lugas dan Obyektif

Dua BUMD Majalengka Terjerat Korupsi

Majalengka,(Sinarmedia).-

Dua Badan Usaha Milik  Daerah ( BUMD) milik Pemerintah kabupaten Majalengka yakni Perusahaan Daerah ( PD) Sindangkasih Multi Usaha ( SMU) dan PD.BPR Sukahaji terjerat kasus Korupsi Milyaran rupiah.

Kejaksaan Negeri Majalengka sebelumnya membongkar  kasus korupsi PD.SMU dan telah menetapkan seorang tersangka mantan dirut PD.SMU  JN.Berdasarkan hasil audit dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) Jawa barat total  kerugian  Negara  dalam kasus ini mencapai Rp.1,9 Miliar lebih.

Belum ada tersangka lain   karena pihak Kejaksaan masih mengembangkan kasus ini  untuk menngungkap   kemungkinan adanya tersangka baru.

Belum tuntas mengungkap korupsi PD SMU kini pihak Kejaksaan Negeri Majalengka kembali mengungkap dugaan kasus korupsi Perusahaan Daerah Milik Pemkab Majalengka yakni PD.BPR Sukahaji.

Kerugian Negara  dalam dugaan  kasus korupsi PD.BPR Sukahaji  lebih besar ketimbang korupsi PD.SMU  yakni mencapai Rp.3,2 Miliar.

Menurut kepala Kejaksaan negeri Majalengka Dede Sutisna  melalui Kasi Intelejen Elan Jaelani dan kasi Pidsus Guntoro Janjang  menjelaskan,pihaknya telah memeriksa  20  orang saksi dan menyita sejumlah dokumen berupa berkas kredit .Namun demikian pihak Kejaksaan belum menetapkan tersangka  karena masih dalam tahap penyidikan umum.

Ada beberapa modus operandi  yang dilakukan  dalam  kasus Korupsi PD.BPR Sukahaji ini diantaranya adalah  penyimpangan   dalam pemberian atau penyaluran kredit.

Pengamat hukum sekaligus ketua Forum Bela Negara (FBN) Surya Darma SH.MH.  ketika diminta komentarnya menegaskan,sangat mengapresiasi langkah  Kejari dalam membongkar  kasus korupsi di dua perusahaan daerah  tersebut. Surya berharap agar pengungkapan kasus korupsi tersebut diungkap tuntas  sampai ke akar-akarnya tidak  hanya mengorbankan seseorang.

Ditambahkanya, Kasus korupsi  di suatu lembaga  apalagi BUMD sangat   kecil kemungkinan dilakukan seorang diri pasti  melibatkan pihak lainya.Ia berharap Kejaksaan juga berani menetapkan tersangka lainya  yang terbukti terlibat.(S.01)

 1,049 total views,  32 views today

Please follow and like us: